Tips Merawat Memory Card

0

atp-mmc-plusTips merawat memory card. Tips merawat memory card (MMC) atau tips merawat kartu memori, adalah cara-cara yang dilakukan agar memory card yang kita miliki bisa awet dan bisa maksimal sebagai media penyimpan, baik untuk menyimpan file dokumen, foto, video, musik, software, dan sebagainya. Sebagaimana halnya seperti hardisk pada komputer, flashdisk, maka kartu memori juga merupakan salah satu bagian penting dari media penyimpanan data, oleh karena itu diperlukan tindakan dan perlakuan yang baik untuk merawat sebuah kartu memori atau MMC. Dengan awetnya memory card yang kita miliki, maka kartu memori akan bisa digunakan dalam jangka lama, serta data-data yang ada di MMC tidak akan rusak. Banyak hal yang bisa dilakukan sebagai tips atau cara untuk merawat kartu memori (memory card).

Tips atau cara merawat kartu memori / memory card (MMC) agar tetap bekerja dengan baik, adalah :
1. Perhatikan Kapasitas MMC
Perhatikan kapasitas kartu memori. Jangan memaksakan untuk memenuhi kartu memori Anda. Akan lebih baik juga jika memiliki kartu memori cadangan sehingga tidak mengandalkan satu kartu saja. Lebih baik mempunyai 2 MMC berkapasitas sedang, daripada hanya memiliki 1 MMC dengan kapasitas yang besar.

2. Pindahkan kartu memori dengan aman
Setelah mengupload file dari MMC ke komputer, pastikan mengikuti proses yang aman sebelum mencabut MMC dari card reader. Bagi pengguna Windows, gunakan opsi safely remove hardware’ atau bagi penggguna OSX dengan eject.

3. Pilih card reader yang berkualitas baikmmc-32gb
Saat mentransfer file dari kartu memori ke komputer, banyak yang langsung menghubungkan dari gadget ke komputer, karena akan lebih praktis. Tetapi hal ini dinilai kurang efisien dan aman, sehingga sebaiknya untuk memakai memory card reader, yang memiliki performa kencang sehingga bisa meminimalisir waktu yang dibutuhkan dalam transfer file dari MMC ke komputer.

4. Jangan panik bila kartu memori  terkena air
Mungkin karena hujan atau tidak sengaja, kartu memori kita terkena air. Jangan panik, biarkan saja kartu memori hingga kering, bisa dikeringkan dengan kipas angin, tisu halus, atau dengan dijemur pada tempat yang tidak terlalu panas, dan setelah itu, silahkan Anda gunakan memory card seperti biasanya.

5. Lakukan format MMC
Format kartu memori secara berkala dan teratur, misalnya setiap satu bulan sekali. Lakukan hal ini setelah terlebih dulu Anda pindahkan semua file yang ada di MMC.

6. Gunakan software data recovery
Karena keteledoran atau tidak sengaja kita melakukan penghapusan file yang ada di MMC. Anda tidak perlu panik dan khawatir sebab sudah banyak software yang bisa membantu Anda untuk mengembalikan file di MMC yang terhapus, yaitu seperti dengan MMC Recovery software, dan sejenisnya.

Demikianlah informasi dari berbagai sumber tentang cara dan tips merawat memory card atau merawat kartu memori. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply