Tips Menghemat Kuota di Aplikasi Sosmed

0

Aktfitas online dengan koneksi internet menjadi tren yang sudah bisa dikatakan sebagai kebutuhan pokok sebagai besar masyarakat terutama di kalangan remaja dan usia produktif. Salah satu aktivitas yang dilakukan dengan bantuan koneksi inetrnet baik di smartphone, tablet PC, maupun di laptop yang termasuk menjadi salahs atu paling sering atau menjadi favorit adalah akses aplikasi atau website sosial media (sosmed). Aktivtas menggunakan media sosial memang menyenangkan dan membikin ketagihan, terlebih lagi bagi mereka yang sudah bisa mendapatkan rejeki atau memperoleh uang dari aplikasi dan channel situs medsos miliknya.  Sehingga penggunaan aplikasi medsos tak bisa dihindari setiap harinya, minimal aplikasi chat di smartphone atau ponsel pintar.

Kebiasan interkasi melalui aplikasi dan situs media sosial menjadikan sebuah “candu” tersendiri bagi kebanyakan orang yang selalu ingin tetap eksis di sosmed, gemar menjalin komunikasi dengan teman, para partner biniss, dan para penggiat medsos, serta sejenisnya. Sehingga tak jarang akan merasa tidak gaul dan tidak eksis apabila di jaman ini kita tidak memiliki akun sosmed. Ragam aplikasi sosial media begitu banyak untuk bisa ditemukan, diunduh, diinstal, kemudian digunakan secara gratis tanpa perlu membayar. Aplikasi dan situs sosmed sudah banyak yang terkenal dan populer serta menjadi yang terbaik, dimana faktor akses gratis menjadi salah satu pemicunya. Namun internet gratis untuk browsing dan menjalankan aplikasi sosmed merupakan hal yang masih sulit untuk didapatkan, kecuali berada di free hotspot area atau zona wifi gratis.

Meskipun bisa gratis untuk menggunakan aplikasi dan situs sosial media, namun untuk menjalankan aplikasi tersebut diwajibkan untuk memilki kuota data atau paket internet di masing-masing smartphone atau modem yang digunakan. Beberapa aplikasi sosmed populer saat ini adalah Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp, Snapchat, Skype, BBM, Line, dan sebagainya. Khusus bagi Anda yang gemar menjalankan aplikasi sosmed Facebook, Instagram, dan Snapchat. Berikut ini (sumber : tekno.liputan6.com), beberapa trik dan tips menghemat kuota di aplikasi sosmed agar Anda tidak boros kuota internet.

1. Facebook
Cara hemat pemakaian kuota untuk aplikasi Facebook ; buka aplikasi Facebook, lalu sentuh ikon 3 garis di sisi kanan atas layar, kemudian pada menu “Setting Option”, cari dan aktifkan opsi “Data Saver Option”
2. Instagram
Cara menghemat kuota di aplikasi Instagram adalah buka profil Instagram, lalu sentu ikon 3 titik di pojok kanan atas, lalu pilih Setting. Kemudian di bawah opsi “Setting” pilih “Cellular Data Use Option” dan pilih opsi “Use Less Data”
3. Snapchat
cara untuk hemat kuota di aplikasi Snpchat adalah Anda buka menu Setting, kemudian cari opsi “Additional Services”, kemudian sentuh “Manage Option”, lalu  aktifkan “Turn on the Travel Mode