Tips menghemat baterai tablet

0

baterai-tablet-gambarPenggunaan gadget berupa ponsel, phablet, tablet, ipad, semakin meningkat dan banyak kita jumpai setiap hari dan bahkan sering kita lakukan sendiri. Semakin banyak varian dari merk, fitur, spesifikasi, platform, dengan koneksi 3G & 4G LTE, dan desain tablet yang ada dengan didukung peningkatan kualitas dari kecepatan koneksi data internet serta coverage area yang ditawarkan oleh provider selular di Indonesia, berbanding lurus dengan meningkatnya penggunaan tablet pada masyarakat. Tidak hanya orang dewasa, mahasiswa, dan remaja, namun balita pun semakin banyak kita lihat dan jumpai mereka sudah terbiasa bermain dan menggunakan tablet. Sehubungan dengan hal di atas, tips trik komputer kali ini akan memberikan informasi tetang tips aman atau cara menghemat baterai tablet dengan cara yang simpel tanpa perlu menggunakan aplikasi penghemat baterai tablet.

Cara mudah dan tips hemat baterai tablet disini dimaksudkan tidak hanya sekedar untuk menjaga agar baterai tablet tidak cepat habis ketika dipakai (baik itu tablet Android, iPad, maupun tablet Windows), tetapi juga sebagai perlakuan yang wajar dan seharusnya kita lakukan agar baterai tablet bisa tahan lama (tidak ngedrop) dan awet. Perlakuan atau trik agar baterai tablet bisa awet, tahan lama, usia baterai tablet akan lebih panjang, serta aman, juga mudah karena bisa dilakukan oleh siapa saja. Selain itu juga cara hemat baterai tablet bisa dilakukan dengan praktis tanpa menggunakan bantuan software atau aplikasi penghemat daya baterai. Perlakuan atau tindakan untuk menjaga baterai tablet bisa tetap awet semakin diperlukan dikarenakan semakin banyak produk tablet dan iPad yang baterainya tidak bisa dilepas dan diganti-ganti (non removable battery).

Cara mudah dan tips hemat baterai tablet agar awet :

1. saat pengisian baterai tablet (charge baterai) :
– segera isi tablet ketika kondisi baterai tinggal 1 persen
– biarkan tablet untuk tidak digunakan saat di isi (di cash)
– matikan atau sleep mode tablet saat di isi (di charge)
– usahakan untuk tetap menggunakan charger baterai yang orisinil (bukan charger KW)
– jangan buru-buru melepas charger atau menggunakan tablet sebelum baterai terisi penuh 100 persen
– jangan biarkan charger selalu menancap di stop kontak listrik bila tidak dipakai

2. saat pemakaian tablet :
– hapus atau tidak usah pasang aplikasi penghemat daya baterai (battery saver app)
– jangan gunakan wallpaper animasi
– matikan fungsi getar pada tablet
– matikan fungsi tone pada ketukan keyboard
– kurangi kecerahan tablet
– matikan fungsi Bluetooth dan WiFi saat tidak digunakan
– jika sedang browsing internet, sebaiknya jangan sambil menjalankan aplikasi musik atau film
– jika sedang main game, matikan fitur getar yang ada
– biasakan untuk mematikan atau menutup sempurna aplikasi yang sudah tidak digunakan
– biasakan untuk sign out dari aplikasi chat saat tidak digunakan (Whatsapp, BBM, Wechat, Line, Y!M, Skype)
– tidak menggunakan tablet untuk telepon & SMS

Itulah beberapa cara simpel dan tips menghemat baterai tablet Android maupun tablet Windows yang juga bisa digunakan untuk hemat baterai ponsel, smartphone, iPhone, dan BlackBerry, dimana tips mudah hemat beterai tersebut tidak hanya sekedar untuk menjaga daya tahan baterai lebih lama saat digunakan, tetapi juga umur baterai tablet bisa lebih tahan lama dan panjang. Tips hemat baterai tablet tersebut sudah penulis lakukan dan terbukti sudah selama 3 tahun ini baterai tablet New Smartfren Andromax 7 saya masih awet.