Tips Menghemat Baterai Handphone

baterai-nokiaHandphone telah menjadi bagian integral dari kehidupan kita sebagai masyarakat modern dan telah mempengaruhi hidup kita sehingga akan sangat kerepotan apabila tanpa ponsel. Karena ini perangkat yang dioperasikan dengan baterai, maka sebagai keharusan untuk selalu mengisi ulang baterai sampai penuh sebelum digunakan kembali. Kita dapat menjaga bahwa ponsel tidak akan sering habis karena baterai rendah (lowbat), bahkan sampai mati atau rusak. Berikut ini beberapa tips menghemat baterai handphone (HP) sehingga baterai menjadi awet :

1. Salah satu penyebab utama yang sangat menguras baterai adalah  bermain game. Keasyikan bermain game ponsel memang kadang membuat ketagihan dan lupa waktu, jadi sebaiknya mulai sekarang untuk bisa membagi waktu dalam bermain game di ponsel, terutama ketika kita sedang dalam perjalanan di mana tidak ada fasilitas untuk mengisi ponsel ketika baterai ponsel habis.

2. Jika yakin tidak akan membuat panggilan apapun dan tidak akan ada panggilan masuk, terutama ketika Anda sangat repot atau sangat sibuk misalnya sedang mengendarai sepeda motor, atau di saat malam hari menjelang Anda tidur, lebih baik matikan ponsel Anda.

3. Jika sedang berada di area yang susah sinyal atau kekuatan sinyal lemah untuk jangka waktu yang lumayan lama, lebih baik matikan ponsel karena dalam proses pencarian sinyal ini kerja baterai akan lebih terkuras daripada dalam kondisi sinyal kuat.

4. Matikan lampu latar dan fungsi getar ponsel. Atur fungsi getar ketika kondisi ringtone dimatikan, atau hanya di tempat keramaian saja. Atau bila sedang di tempat  ramai lebih baik menggunakan ringtone yang lebih keras dari biasanya daripada menggunakan fungsi getar.

5. Non-aktifkan pemakaian fungsi bluetooth dan exit aplikasi browsing internet ketika sudah tidak digunakan.

6. Jangan terlalu sering mematikan handphone untuk waktu yang sebentar.

7. Atur volume dering ponsel dalam posisi sedang dan jangan terlalu sering digabung dengan fungsi getar.

8. Usahakan untuk selalu mengisi baterai sampai penuh sebelum kita melepasnya dari charger.

Itulah tips menghemat baterai ponsel yang dapat kita lakukan sehingga baterai ponsel akan menjadi awet.