Tips Mencegah Malware di Android

0

foto malware androidPlatform Android masih menjadi raja OS yang digunakan di berbagai gadget pintar seperti tablet PC, phablet, dam smartphone sampai pada akhir 2016, yang kemungkinan besar masih tetap bertahan di tahun 2017. Hal tersebut dikarenakan selain OS Android merupakan platform atau OS gratis, juga karena update atau upgrade sistem Android yang rutin dilakukan, kemudian kualitas platform Android juga bagus serta mudah untuk dioperasikan oleh sebagian besar user smartphone dan tablet PC tingkat pemula sekalipun. Sebagai OS terpopuler saat ini untuk tablet dan smartphone, Android tak lepas dari incaran dan sasaran dari para cracker, hacker, dan dari pembuat program jahat atau malware. Selaku pemilik Android, Google telah menerapkan langkah-langkah pengamanan atau security di Play Store yang dimaksudkan untuk menjaga agar Play Store tidak sampai diserang atau disusupi malware.

Meskipun sudah dlakukan sistem pengamanan aplikasi yang ada di Google Play Store, namun user Android tidak serta merta akan 100% aman atau clean dan terhindar dari serangan malware di gadget mereka. Hal tesebut terjadi karena memang penggunaan smartphone untuk akses internet, termasuk untuk mengunduh atau download aplikasi maupun game tidak selalu dari situs terpercaya atau seringkali akses dari situs yang tidak aman dan bersih. Kiat dan trik harus dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan infeksi dan menghindari serangan malware ke smartphone dan tablet Android kita.

Beberapa tips mencegah malware di Android (sumber: tekno.kompas.com) :
1. Download aplikasi hanya dari Google Play Store atau situs terpercaya
2. Gunakan jasa katalog aplikasi yang terpercaya, seperti di Nokia Store, Amazon Apps, Galaxy Apps, dst.
3. Sebisa mungkin hindari download aplikasi dan game dari situs atau toko aplikasi dan game yang tidak aman
4. Jangan menggunakan aplikasi dan game Android bajakan
5. Selalu update aplikasi, game, dan software smartphone secara rutin. Jika memungkinkan OS Android bisa diupgrade pada smartphone atau tablet Anda, maka segeralah untuk upgrade menjadi OS Android yang terbaru
6. Install aplikasi scanner malware Google dan jalankan secara berkala.
7. Jika Anda rutin membongkar pasang aplikasi baru di smartphone Andfroid, maka Anda perlu memasang antivirus untuk Android. Ada banyak antivirus Android yang bagus yang bisa di download di Play Store, dengan ragam lisesnsi dari gratis, semi berbayar atau yang full premium. Beberapa anti virus Android terbaik yang bisa dipiih untuk di instal salah satu saja, antara lain ; Avast, AVG, BitDefender, Kaspersky, Lookout, Sophos, Symantec, Trend Micro, dan TrustGo.