Tips Hemat Kuota Internet

0

modem-internetTips-trik kali ini akan membahas atau memberikan informasi dan cara untuk menghemat kuota internet untuk para pemakai smartphone, tablet PC maupun laptop, baik itu yang menggunakan OS Android, Blackberry, iPhone, Linux, maupun Windows. Pada saat sekarang ini begitu banyak pengguna ponsel Android dan tablet Android, juga Blackberry dan juga laptop yang hampir dapat dipastikan bahwa penggunaan gadget tersebut pasti terhubung dengan internet. Penggunaan internet di setiap smartphone maupun tablet PC ini semakin meningkat karena beberapa faktor, seperti : meningkatnya fasilitas atau tempat Wifi dan Hotspot area gratis, semakin murahnya tarif internet dari operator selular, maraknya kartu perdana internet yang dikeluarkan oleh operator selular, banyak pilihan yang ditawarkan operator tentang bonus internet dan paket data, paket internet yang beragam harga dan kuotanya, paket data internet yang bisa dipilih harian, mingguan, atau bulanan, bahkan ada operator yang memberikan paket internet unlimited atau internet tanpa kuota atau internet tanpa batas yang dikeluarkan oleh operator selular.

Operator selular di tanah air semakin berlomba dalam menjaring konsumen sebagai pengguna internet dan pemakai kuota data, baik operator GSM maupun CDMA, dengan beragam pilihan tarif internet, speed internet, paket kuota, paket internet harian, paket mingguan, paket bulanan, paket internet gratis media sosial, paket BB, dan sebagainya. Beberapa operator selular yang terus berlomba menggaet konsumen pengguna internet secara nasional, antara lain ; kartu Simpati, AS, 3 AON, XL, Mentari, IM3, dan Smartfren. Paket internet unlmited merupakan paket internet yang menjadi idaman bagi pengguna smartphone, tablet PC, dan komputer, namun harganya memang masih relatif mahal karena berada pada rentang harga antara Rp 200 ribu sampai Rp 350 ribu sebulan, sehingga bisa dikatakan bahwa di Indonesia belum ada paket internet unlimited murah yang ada di bawah harga Rp 100 ribu per bulan. Sehingga kebanyakan para pengguna smartphone dan tablet PC masih memilih paket internet kuota ataupun paket internet semi unlimited (speed akan diturunkan jika sudah melewati batas FUP). Kartu paket internet kuota ini memang speed atau kecepatan akses untuk browsing internet, untuk download, dan upload akan cepat dan lancar, dan bisa kita pilih sesuai dengan harga serta masa berlaku paket yang ada, bisa 100 MB, 500 MB, 1 GB, 3 GB, 5 GB, dan seterusnya dengan masa berlaku harian, mingguan, bulanan, atau tahunan.

Jika Anda adalah pemakai koneksi internet dengan paket internet kuota atau paket internet semi unlimited yang dipasang pada smartphone, tablet PC, maupun di modem untuk laptop, mungkin pernah mengalami bahwa kuota internet Anda terasa cepat habis, padahal dipakai secara wajar dan tidak berlebihan. Hal tersebut terjadi karena smartphone, tablet PC, atau laptop yang digunakan melakukan kegiatan internet otomatis tanpa Anda sadari, hal tersebut terjadi ketika smartphone, tablet atau laptop melakukan aktifitas otomatis untuk update aplikasi, update software, update game, update antivirus otomatis, dan sebagainya.
Berikut ini cara atau tips hemat kuota internet :
– jangan sering mengakses atau membuka streaming video secara online, seperti menonton YouTube, Metacafe, maupun video yang ada di Facebook dan Twitter.
– jangan sering mengunduh atau download dan upload file yang berupa musik atau MP3 dan file gambar animasi, atau flash yang ukurannya besar, misalnya di atas 1 MB.
– jika Anda sedang membutuhkan informasi berupa berita teks saja, maka matikan dulu menu show image dan animasi yang ada di browser
matikan fitur Auto Update pada aplikasi, Windows, game, software, dan antivirus yang ter-instal di ponsel, tablet, blackberry, iphone, maupun laptop
– update aplikasi, software, game, atau antivirus bisa Anda lakukan ketika Anda benar-benar cukup kuota (sadar kuota) atau ketika ada koneksi hotspot dan Wifi gratis.
matikan fitur Auto-Sync pada smartphone dan tablet Android
Beberapa aplikasi Android selain menyertakan fitur auto update juga menyertakan fitur auto-sync yang secara otomatis mengambil kuota data internet (akan terkoneksi ke situs utama ketika ada koneksi internet). Fitur autosync di Android biasa ditemukan pada aplikasi media sosial yang memberikan update berita atau pemberitahuan otomatis.
– gunakan browser yang berfitur kompresi data, sehingga akan cepat dan hemat dalam menjelajah internet (tidak banyak loading), gunakan Google Chrome, Opera Mini, atau Mozilla Firefox.

Demikian informasi tentang cara atau tips hemat kuota internet, semoga bermanfaat.