Tips dan trik MS Word 2010

0

msword-2010-icon-pngArtikel komputer dan software tentang tips trik MS Office yang lebih dikhususkan pada tips dan trik MS Worrd 2010 kali ini akan memberikan beberapa panduan, trik rahasia MS Word 2010, trik belajar MS Word dengan cara yang sederhana terhadap beberapa hal yang sering dilakukan pada MS Word 2010. Tips dan trik MS Word 2010 ini secara garis besar juga nantinya bisa dilakukan pada MS Word versi yang lebih baru seperti di MS Word 2011, MS Word 2013, dan juga MS Word 2014.

Trik Microsoft Word 2010 ini bermanfaat bagi para pemula atau beginner yang belum begitu paham tentang MS Word 2010 maupun juga untuk mereka yang sudah terbiasa dengan MS Word 2010, namun belum menguasai secara menyeluruh. Berikut ini beberapa tips dan trik pada MS Word 2010 :

1. Tips MS Word untuk membuka tampilan dokumen (bisa juga diterapkan pada MS Excel) dalam 2 layar yang berbeda dalam waktu yang sama. Itu berarti Anda dapat bekerja pada (misalnya) BAB 1 dari skripsi Anda di panel atas dan juga BAB 4 pada panel bawah, dan bisa berpindah-pindah dengan mengklik mouse atau dengan menekan tombol F6. Bahkan memungkinkan Anda mengubah lebar zoom dalam dua panel, seperti yang ditunjukkan di sini, sehingga Anda dapat melihat beberapa halaman dalam satu jendela. Caranya ; Anda dapat membagi jendela dengan menyeret bar splitter di bagian paling atas dari scroll bar vertikal, atau membuka tab View pada Ribbon dan memilih Split. Lihat gambar di bawah ini :
membuka-word2010-dalam-2-jendela

2. Trik MS Word 2010 untuk membuat halaman (lembar) dalam format portrait (vertikal) dan landscape (horisontal) dalam 1 dokumen. Dengan MS Word 2010 kita bisa membuat ketikan berformat mendatar dan pada lembar lain dalam format vertikal, tanpa perlu ganti dokumen. Caranya : Anda tidak bisa hanya mengubah orientasi halaman saja, namun Anda harus memasukkan bagian Breaks sebelum dan sesudah teks yang ingin Anda format dalam model landscape, dan kemudian menerapkan orientasi landscape ke bagian yang Anda buat. Tempatkan titik penyisipan pada titik di mana Anda ingin orientasi landscape untuk memulai. Pada Page Layout tab, pilih Breaks, kemudian, di bawah Bagian Breaks, pilih New Page. Kemudian memindahkan titik penyisipan ke akhir teks yang ingin Anda format dalam landscape, dan masukkan jenis yang Breaks yang sama. Kemudian menempatkan titik penyisipan di mana saja antara dua Breaks. Lalu kembali ke tab Page Layout, dan klik panah bawah pada bagian kanan bawah dari kelompok Page Setup. Dalam Page Setup dialog, pada tab Margins, pilih orientasi Landscape, kemudian pergi ke Apply for dropdown dan pilih This Section. Lihat gambar di bawah ini :
membuat-format-portrait-landscape-dalam-1-dokumen-word

3. Trik MS Word 2010 untuk fitur pencarian kata dan kalimat pada dokumen. Fitur Find Word ini akan menampilkan setiap contoh dari teks yang Anda cari pada dokumen yang sedang aktif (dibuka), bersama-sama dengan beberapa kata dari konteks, dalam kotak di panel navigasi. Klik di salah satu kotak untuk memilih salah satu contoh dari teks atau kata. Tips: Anda dapat menggunakan tombol shotcut gabungan dari Shift dan F4 untuk melompat dari satu pencarian kata ke pencarian lain, bahkan setelah Anda menutup panel navigasi. Lihat gambar di bawah ini :
fitur-pencarian-kata-di-word

4. Tips MS Word 2010 untuk recovery dokumen yang tidak tersimpan (recover unsaved document). Dalam MS Word, Excel, dan PowerPoint 2010 semua memiliki fitur baru untuk menyimpan dokumen yang terabaikan. Dokumen tersebut termasuk dokumen dengan nama yang lebih spesifik daripada “Document1.” Fitur recover dokumen Office 2010 ini didasarkan pada fitur autosave pada Office versi lama, yang secara otomatis akan melakukan auto-save setiap 10 menit (atau setiap waktu yang telah ditentukan di opsi app). Bedanya, pada Office versi sebelumnya, dokumen recover otomatis akan dihapus ketika file sudah Anda simpan dan dokumen sudah ditutup, tapi sistem recover dokumen Office 2010 tetap mempertahankan cadangan terakhir otomatis dan memungkinkan Anda membukanya kembali. Caranya: Klik File, Recent, Recover Unsaved Documents, dan kemudian pilih dokumen dari File/Open dialog box. Lihat gambar recover dokumen Word 2010 di bawah ini.
word-recover-unsaved-documents

Demikian beberapa tips dan trik MS Office 2010, khusus tips dan trik untuk MS Word 2010, semoga bermanfaat.