Tips Aman Download Aplikasi Online

0

kids-playing-smartphoneTips Aman Download Aplikasi Online. Tips aman download aplikasi online disini dimaksudkan sebagai tips atau cara yang harus diperhatikan untuk mencegah ketika anak-anak men-download aplikasi online, baik itu saat menggunakan smartphone maupun tablet PC, hal ini dilakukan mengingat anak-anak semakin terampil dalam menggunakan smartphone, dan tidak selamanya para orang tua bisa mendampingi dan mengawasi anak dalam menggunakan smartphone. Gadget canggih seperti smartphone, iPad, dan tablet PC semakin banyak kita temukan dan dijual dengan harga yang relatif murah, dan juga begitu mudah digunakan. Tak jarang orangtua pun sering memberikan tablet Android atau iPad dan tablet PC agar bisa dimainkan oleh anak-anak. Seperti lazimnya smartphone atau piranti canggih lain, biasanya suatu sistem operasi menyediakan aplikasi di toko online agar perangkatnya bisa dimaksimalkan. Dilema sering terjadi, kala toko online tersebut menyediakan aplikasi berbayar dan gratis, dimana aplikasi, game, atau software online tersebut bervariasi dan semuanya terlihat sangat menarik untuk digunakan.

Memang sudah sepatutnya bila anak bermain, orangtua harus mendampinginya, terlebih lagi ketika anak bermain dengan perangkat canggih, seperti laptop, tablet PC, smartphone yang terkoneksi dengan internet. Untuk mencegah anak dari pengaruh buruk ketika mangakses internet, bisa dengan mengaktifkan atau memasang¬† “parental control software” di Tablet PC. Sedangkan untuk mencegah agar anak tidak melakukan download aplikasi berbayar, bisa dengan mendampinginya dan selalu memberikan arahan. Tapi bagaimana bila Anak terpaksa harus bermain sendiri tanpa pengawasan dari orang tua atau kakaknya?

Cara atau tips aman yang harus dilakukan untuk mencegah anak men-download aplikasi online yang berbayar :

1. Hidupkan Airplane Mode
Bila terpaksa harus meninggalkan anak anda bersama dengan gagdet canggih. Cara yang paling tepat untuk menghindari sesuatu yang tak diinginkan adalah mematikan fungsi internet pada smartphone atau tablet PC, yaitu dengan mengaktifkan Airplane Mode. Fitur ini memang dibuat untuk pengguna yang sedang di atas pesawat terbang, namun tetap ingin membuat perangkatnya menyala. Dengan Airplane Mode ini, semua fungsi utama mulai dari telepon, SMS hingga internet akan dimatikan dan bisa dihidupkan lagi sesuai keinginan.

kids-playing-ipad2. Jaga User ID dan password Toko Online
Untuk membeli aplikasi di toko online pengguna harus memasukkan kartu kredit yang dilindungi dalam password di User ID (akun). Anda harus menjaga kerahasiaan User ID dan password toko online, jangan memberikan password kepada anak dan orang lain. Di iOS, untuk bisa men-download aplikasi berbayar atau gratis. Di Apple biasanya akan meminta password akun iTunes, jadi di perangkat ini, orangtua bisa mengontrol dengan ketat aplikasi mana yang bisa disimpan. Sedangkan di Android, pengguna tak perlu membuat akun seperti iTunes — hanya masuk lewat Gmail. Sehingga men-download aplikasi berbayar atau gratis sekalipun tak perlu membutuhkan proteksi password. Sehingga orangtua yang memberikan perangkat Android kepada anaknya, sebisa mungkin melakukan pengawasan yang ketat.

3. Memanfaatkan Fitur dan Aplikasi
Selain memproteksi dengan password, pengguna iOS bisa memanfaatkan fitur yang disebut Restrictions. Fungsinya agar anak tak bisa sembarangan men-download aplikasi yang gratis ataupun berbayar.
Cara mengaktifkan Restrictions di iOS : Setting>General>Restriction>Enable Restrictions, lalu pilih aplikasi atau fitur lain yang ‘haram’ digunakan. Di Android, fitur ini memang tak ada, namun Anda dapat memanfaatkan aplikasi pihak ketiga, misalnya aplikasi Kids Safe Mode. Aplikasi Kids Safe Mode tersedia dan bisa didownload gratis di Google Play Store. Sementara di Windows Phone 8 juga mempunyai fitur bawaan yang sejenis, yaitu Kids Corner. Aplikasi Kids Corner fungsinya adalah mengunci home screen default, sehingga bila Anak anda membukanya, yang keluar di tampilan hanya aplikasi yang sudah diatur sebelumnya. (detik.com)

Demikianlah tips atau cara aman download aplikasi online di smartphone dan tablet PC, agar melindungi anak dari mengakses aplikasi “berbahaya” dan juga perilaku “salah” ketika men-download aplikasi berbayar. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply