Tips Agar Laptop Tidak Cepat Panas

0

Menggunakan laptop atau notebook dan juga netbook sehari-hari merupakan tuntutan dan juga kebutuhan bagi kita yang memang menjadi karyawan dan juga wiraswasta maupun mahasiswa yang tidak bisa lepas dari gadget canggih yang satu itu. Dengan laptop kita terbiasa melakukan aktivitas dari mulai browsing inetrnet, mengetik, bersosia media, streaming, sampai hal lain yang berhubungan dengan menjalankan program editing video, desain grafis, analisis data, bermain gamedan sebagainya.  Kita juga seringkali saat menggunakan laptop tidak hanya berada pada satu tempat dan lokasi, misalnya di atas meja saja, namun juga sering berpindah-pindah dari meja ke sofa, tempat tidur, bahkan di pangkuan kita demi kenyamanan saat aktivitas dengan laptop. Apabila ruangan yang kita gunakan dengan suhu udara yang sejuk misalnya karena ada AC-nya, maka kecenderungan kondisi baterai laptop akan stabil atau tidak mudah panas baterai dan motheboardnya. Namun apabila kita menggunakan laptop pada ruangan dan kondisi cuaca panas, maka laptop akan lebih mudah jadi panas. Sehingga, performa laptop yang sering mengalami overheat atau cepat panas akan bisa berbahaya, dan yang paling parah adalah laptop atau notebook akan mati.

Apapun merk laptop kita, baik itu Lenovo, Acer, Asus, Samsung, HP, Sony, Apple, atau merk yang lain maka tetap saja memerlukan perhatian dan perlakuan atau perawatan yang semestinya agar laptop dan baterainya tidak mudah overheat dan rusak. Dikutip dari laman tekno.liputan6.com, bahwa hal atau faktor yang juga bisa menjadi sebab laptop cepat panas adalah suhu ruang atau tempat dimana kita menggunakan laptop dan sinar matahari yang secara langsung menyinari bodi laptop.

Berikut ini beberapa cara atau tips dan trik agar laptop tidak gampang  panas :
1. Secara rutin bersihkan ventilasi atau rongga pada laptop agar udara dapat keluar masuk dengan lancar
2. Gunakan cooling pad atau pendingin, sebagai dampar atau penyangga berkipas saat laptop digunakan
3. Matikan laptop jika tidak akan digunakan dalam waktu lebih dari 2 jam
4. Jika memakai laptop dengan dicolok ke stop kontak listrik atau sambil di charge, maka saat batrei sudah penuh, sebaiknya copot saja charger tersebut, agar umur baterai laptop awet dan tahan lama
5. Jangan meninggalkan laptop di dalam mobil ketika cuaca panas, karena suhu udara di dalam mobil akan mempengaruhi suhu pada laptop
6. Jangan menggunakan laptop di tempat atau luar ruangan yang mana laptop bisa terkena sinar matahari secara langsung
7. Ketika kita beralih dari udara panas dan masuk ke ruangan yang ber-AC, maka jangan terburu-buru untuk segera menyalakan laptop, tunggu sekitar 5 samapi 10 menit untuk meentralkan suhu di laptop.