Menyembunyikan Kategori di Menu WP

0

wp-hide-categoryTips WordPress tentang cara menyembunyikan Category Menu atau exclude category / hide category menu WordPress (WP) atau cara untuk tidak menampilkan kategori pada menu bar WP (hide wordpress category). Cara hide kategori pada menu WP sering terjadi dan dibutuhkan karena beberapa sebab, seperti bertambahnya jumlah kategori pada blog, dan menu bar tidak cukup untuk menampilkan menu kategori, atau bisa menampilkan menu kategori tetapi tampilan theme WP jadi tidak rapi. Atau bisa juga karena kita tidak ingin menampilkan kategori tertentu di menu bar WP dan di widget, tetapi kita tidak ingin menghapus artikel dan kategori tersebut dari blog. Cara hide kategori WP dari menu bar dan widget WP  bisa dilakukan melalui pengaturan di Menu WP, dengan menggunakan plugins WP, dan tanpa plugins WP.

Cara hide kategori dari menu WP bisa dilakukan sebagai berikut :
1. pengaturan di Menu WP (appereance – menus), bisa diatur sesuai keinginan pada Menu Structure dan Menu Settings, mana yang akan ditampilkan maupun kateori yang akan di hide. Cara ini bisa dilakukan hanya pada themes WP yang support Menu. Jika theme WP tidak support Menu, maka untuk Hide category Wp bsa dilakukan dengan cara nomor 2 atau cara nomor 3.
2. menggunakan plugins WP, yaitu bisa memasang salah satu dari hide category plugins wordpress, seperti : Advanced Category Excluder, Easy Categories Management Widget, Frongpage Category Filter, CaPa Project, dan lain-lain.
3. tanpa menggunakan plugins WP, yaitu dengan edit code script hide category pada file header.php dengan melihat baris seperti code script di bawah ini, lalu sisipkan ID-category yang akan disembunyikan.

<?php wp_list_categories(‘exclude=1,3,5&title_li=&orderby=id’); ?>

atau

wp_list_categories(‘sort_column=name&title_li=&depth=4&exclude=1,3,5’);

=> angka 1, 3, 5 adalah category_ID yang disembunyikan atau yang tidak akan ditampilkan di menu WP.

Demikianlah tips wordpress untuk menyembunyikan kategori di Menu WordPress atau hide category dari menu WordPress.