Menurunkan Berat Badan

0

wanita-dietCara menurunkan berat badan merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas. Untuk mengetahui Anda termasuk orang yang memiliki kelebihan berat badan atau bukan, maka Anda harus menentukan berat badan ideal Anda. Rumus untuk mengetahui berat badan ideal adalah Tinggi Badan (TB) dikurangi 100. Jadi apabila tinggi tubuh Anda 170 cm maka berat badan yang ideal adalah 70kg. Hal Ini akan menjadi panduan dalam proses menurunkan berat badan. Jadi tidak ada cara yang praktis atau cepat untuk menurunkan berat badan, karena merupakan proses maka tentu bertahap dan disesuaikan dengan kelebihan berat badan yang ada.

Apabila kelebihan berat badan hanya 20 kg makan akan lebih cepat proses penurunannya daripada yang mempunyai kelebihan berat badan 50 kg atau bahkan sampe 100kg (obesitas).  Seberapa cepat Anda menurunkan berat badan akan tergantung pada bagaimana Anda sungguh-sungguh dan fokus pada program diet yang Anda lakukan.

Cara menurunkan berat badan adalah sebagai berikut :
1. Sebelum diet, Anda harus tahu berapa banyak kalori yang biasa dibutuhkan dalam sehari. Jika tetap, kalikan berat badan (dalam kg) dengan 7,5. Jika Anda cukup aktif, kalikan berat Anda dengan 8,5. Jika Anda aktif, kalikan berat Anda dengan 10. Ini akan memberikan asupan kalori rata-rata per hari yang Anda butuhkan.

2. Makan buah-buahan dan sayuran. Hal ini akan menjaga kesegaran untuk tubuh yang sehat, karena buah-buahan dan sayuran mengandung serat, vitamin dan antioksidan.  dapat membuat perut  terasa kenyang secara cepat sehingga dapat mengurangi masuknya banyak kalori ke tubuh.

3. Memonitor jumlah makanan yang Anda makan. Hindari makanan berkalori tinggi dan makanlah dalam porsi kecil. Tips : kunyah makanan secara perlahan karena hal ini membuat pencernaan akan lebih berkerja optimal dan akan cenderung membuat lebih cepat kenyang.

4. Jangan melewatkan makan. Bila ingin menurunkan berat badan bukan berarti Anda harus kelaparan, tetapi makanlah sedikit untuk mempertahankan asupan kalori, yang  sehat dan seimbang sepanjang hari. Juga kadar gula dalm tubuh akan tercukupi. Anda bahkan dapat membagi peruntukan standar tiga kali makan menjadi lima atau enam kali tapi dalam porsi yang kecil.

5. Buah dan sayuran segar yang ideal (sebaliknya, makanan kemasan dan fast food memiliki natrium dan kadar lemak tinggi). Untuk  menurunkan berat badan, Anda mengkonsumsi makanan segar alami sangatlah diutamakan

6. Jangan batasi asupan makanan terlalu banyak.Sesekali memanjakan diri sendiri dengan  menikmati makanan favorit Anda. Hanya pastikan untuk makan secara berlebihan  dan menggunakannya makanan penutup khusus sebagai ‘hadiah’, diet bukan musuh bagi makanan favorit, tetapi mengupayakan semaksimal mungkin agar proses penurunan berat badan dapat berjalan dengan lebih cepat..

7. Jangan terlalu percaya semua yang Anda baca pada label makanan. “Bebas Lemak” tidak selalu berarti rendah kalori. Hal ini juga berlaku untuk makanan yang dengan yakin mencantumkan kata  “gula rendah” atau “karbohidrat rendah. Periksa lebih dahulu label nutrisi sehingga akan dapat Anda analisa berapa besar jumlah kalori yang terkandung di dalamnya.

8. Cobalah untuk membatasi jumlah jus dan minuman manis yang Anda minum. Sebaliknya, minum delapan gelas air dalam satu hari akan membantu mengeluarkan racun dan limbah yang ada di tubuh Anda .

9. Jika memungkinkan, membuat jurnal makanan khusus, karenai akan membantu Anda melacak asupan kalori dan akan menjadi pengingat harian jenis makanan yang Anda butuhkan.

10. Jangan lupa untuk berolahraga! Tiga puluh sampai enam puluh menit aktivitas fisik sehari akan memastikan kesehatan Anda dan membantu  menurunkan berat badan . Latihan khusus seperti mengikuti body builder atau fitness akan sangat bagus untuk membakar kalori dan secara signifikan akan mempengaruhi lemak yang tersimpan dalam tubuh Anda. (dari berbagai sumber)

Jika 10 tips atau cara menurunkan berat badan dapat Anda pahami dengan baik, mendapatkan tubuh yang ideal bukanlah hal yang sulit untuk Anda wujudkan.

Leave A Reply