Mengatur Widget WP dengan Widget Logic

0

widget-logic-pluginMembuat website atau blog menggunakan WordPress (WP) akan menjumpai apa yang dinamakan dengan widget. Widget pada WordPress bisa dipasang sesuai dengan selera dan disesuaikan dengan theme WP yang digunakan. Tata letak widget WP bisa diatur pada sidebar, baik di sisi kiri maupun sisi kanan artikel, di konten bar tertentu, dan bisa juga diletakkan di footer. Beberapa widget standar pada WordPress adalah Archives, Calendar, Categories, Custom Menu, Links, Meta, Pages, Recent Comments, Recent Posts, RSS, Search, Text, dan seterusnya.Secara standar pula, widget WordPress hanya dapat ditampilkan atau tidak ditampilkan pada seluruh halaman, baik halaman utama atau Home, halaman Single Post, maupun halaman Pages, yang mana letaknya disesuaikan dengan tata letak dari themes WP yang digunakan. Sehingga apabila kita memasang widget Calendar pada halaman Home, maka di halaman-halaman lain widget Calendar tersebut akan terlihat juga.

Untuk mengatur widget WP agar bisa kita letakkan sesuai dengan keinginan, maka kita harus menginstal plugin yang bernama Widget Logic. Kita bisa download plugin Widget Logic di link ini, kemudian setelah men-download plugin Widget Logic, lakukan instalasi plugin seperti biasanya dan aktifkan. Sehingga, akan terlihat di bagian terbawah pada halaman Widgets (Appearance -> Widgets) tampilan gambar seperti berikut ini :

gambar widget logic

 

 

 

Tips atau cara untuk mengatur widget WP dengan Widget Logic perlu memperhatikan kode-kode atau script yang digunakan dalam Widget Logic. Kode atau script untuk Widget Logic berfungsi sebagai kode perintah dimana widget akan ditampilkan atau disembunyikan pada halaman blog WP.
Berikut ini beberapa kode script untuk Widget Logic yang perlu diketahui :
is_home()  => kode digunakan untuk menampilkan widget hanya pada halaman utama situs (Home)
!is_home() => kode digunakan untuk menampilkan widget pada seluruh halaman (archives, posts, categories, dll) selain di halaman utama (Home)
is_page() => kode digunakan untuk menampilkan widget hanya pada Page
is_single() => kode digunakan untuk menampilkan widget hanya di Single Post / artikel
is_category() => kode digunakan untuk meanmpilkan widget hanya pada halaman Categories
is_tag() => kode digunakan untuk menampilkan widget hanya pada halaman Tag
is_archive() => kode digunakan untuk menampilkan widget hanya pada halaman Arsip

Untuk artikel static page, kode Widget Logic di bawah ini akan berfungsi hanya pada halaman yang telah dipilih sebagai halaman “posting” pada menu Settings -> Reading.

is_front_page () => halaman depan blog
is_sticky () => jika posting terpilih sebagai sticky post
comments_open () => jika komentar diizinkan
pings_open () => jika ping diperbolehkan
is_author () => jika arsip penulis ditampilkan
is_search () => jika hasil pencarian halaman yang ditampilkan
is_404 () => jika halaman 404 ditampilkan
is_active_sidebar () => jika di sidebar aktif
is_plugin_active () =. jika plugin aktif

Cara memasang kode Widget Logic adalah dengan memasukkan kode Widget Logic di bawah widget yang hendak ditampilkan/disembunyikan. Lihat gambar berikut :

widget logic setting

Demikian uraian tentang cara mengatur Widget WP dengan Widget Logic serta kode-kode Widget Logic yang perlu diketahui.

Leave A Reply