Mengatur Settingan Kamera Smartphone

0

kamera-smartphoneTips Mengatur Settingan Kamera Smartphone. Smartphone adalah telepon genggam atau ponsel yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi dibandingkan dengan ponsel biasa dan ponsel Java, dimana teknologi serta fungsi yang ditanamkan menyerupai komputer. Bagi beberapa orang, smartphone/telepon pintar merupakan telepon yang bekerja menggunakan seluruh software sistem operasi yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembang aplikasi. Bagi yang lainnya, smartphone merupakan sebuah telepon yang menyajikan fitur canggih seperti email, internet, kemampuan membaca buku elektronik (e-book), berlayar sentuh, mempunyai fitur VGA output, aplikasi game 3D, memiliki kamera serta video rekam yang beresolusi tinggi, dan sebagainya, yang dengan kata lain smartphone merupakan komputer kecil yang juga mempunyai fungsi sebagai sebuah telepon. Beberapa macam software atau OS yang ditanamkan pada smartphone adalah Symbian OS, iPhone OS, RIM BlackBerry, Windows Mobile, Linux, Palm WebOS dan Android.

Bagi semua orang yang mempunyai smartphone dengan kamera beresolusi tinggi, tentu saja sering menggunakan fitur kamera tersebut sebagai sarana untuk fotografi maupun merekam video, baik secara sederhana maupun dengan menggunakan teknik fotografi profesional, yaitu dengan melakukan pengaturan atau setting kamera smartphone dan mengetahui fungsi dan efek yang ditimbulkan dari setiap pengaturan/setting pada kamera smartphone.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sehubungan dengan tips atau cara setting kamera smartphone, yaitu : (detik.com)

1. White Balance itu mengatur keseimbangan warna dan warna foto akan berubah sesuai dengan setting yang dipilih.
Auto : Kamera akan memilih warna supaya netral dan akurat secara otomatis. Contohnya warna putih juga putih di foto.
Cloudy : Akan netral saat dipakai saat cuaca berawan, atau subjek di bawah bayangan. Akan terlihat lebih kuning saat di dalam ruangan atau subjek disinari matahari langsung.
Daylight / Sunny
: Akan netral saat digunakan saat siang hari saat matahari bersinar terang. Jika dipakai di dalam ruangan atau saat berawan, warna di foto akan lebih kekuningan.
Flourescent : Berguna untuk menetralkan warna neon seperti di ruangan kantor.
Tungsten / Incandescent : Akan membuat lampu pijar yang berwarna kuning menjadi putih, membuat wajah atau subjek foto netral saat disinari lampu yang kekuningan. Jika dipakai saat foto landscape, warna akan cenderung ke arah kebiruan.
Untuk foto landscape saat pagi atau sunset, setting cloudy akan membuat warna lebih kuning, dan setting tungsten akan membuat foto landscape lebih biru.

Samsung-Galaxy-S42. Pencahayaan kamera smartphone, bisa diatur dengan setting kompensasi exposure yang bersimbol plus minus. Semakin ke kanan kita menggeser slider, semakin terang pencahayaannya, demikian sebaliknya. Dalam praktiknya, kita bisa set ke arah minus sedikit supaya langit tidak terlalu terang dalam pemotretan landscape.

3. ISO adalah sensitivitas dari sensor gambar, semakin tinggi nilainya, semakin sensitif cahaya tapi kualitas foto memburuk karena munculnya noise atau titik-titik/bercak pada foto. Idealnya mengunakan ISO paling rendah untuk hasil yang maksimum. Tapi jika kondisi cahaya gelap, ISO perlu dinaikkan untuk mencegah foto goyang karena blur. ISO 100 menghasilkan kualitas terbaik, cocok untuk kondisi siang hari. ISO 200-400 cocok untuk sore hari menjelang matahari tenggelam dan ISO 400/800 cocok untuk foto dalam ruangan atau malam hari.

4. Setting kontras kamera smartphone mengendalikan seberapa kontras foto. Atau dengan kata lain semakin tinggi nilai kontras, semakin besar perbedaan daerah yang terang (highlight) dengan daerah bayangan (shadow). Gambar yang kontras biasanya menarik perhatian mata daripada gambar yang berkontras rendah. Tapi kontras yang terlalu tinggi menghilangkan detail terutama di daerah gelap.

Demikian informasi tentang cara setting kamera smartphone dan pengaturan kamera ponsel berdasarkan fitur yang ada pada setiap smartphone, agar fungsi kamera smartphone bisa menghasilkan foto yang terbaik sesuai dengan selera kita.

Leave A Reply