Fungsi dan Cara Menggunakan Disk Cleanup di Windows

0

disk-cleanup-gambarArtikel komputer tentang tips dan trik seputar fungsi dan cara menggunakan aplikasi atau tool bawaan yang ada pada OS Windows, baik untuk Windows Xp, Windows 7,  Windows 8, maupun Windows 10. Tool Windows yang dimaksudkan disini adalah Disk Cleanup, Disk Cleanup adalah tool Windows yang sangat berfungsi untuk lebih menghemat ruang simpan / hardisk space pada komputer atau laptop dengan cara menghapus file-file yang tidak selalu digunakan oleh sistem Windows, seperti file temporary, system log, archive, recycle bin, dan thumbnail. Dengan menggunakan tool Disk Cleanup ini maka ruang simpan atau harddisk pada komputer akan menjadi lebih lega daripada sebelumnya.

Fungsi dan cara menggunakan Disk Cleanup di Windows ini sebaiknya dilakukan secara rutin, misalnya setiap 3 hari sekali atau seminggu sekali, terlebih lagi untuk komputer yang selalu digunakan secara aktif setiap hari. Kita bisa menghemat lebih banyak ruang kosong yang ada pada setiap partisi harddisk, terutama untuk partisi yang digunakan sebagai tempat penyimpanan atau instalasi OS Windows. Meskipun untuk saat ini ruang atau kapasitas hardisk yang digunakan pada laptop dan komputer kita sudah berukuran besar  di atas 500 GB, dan kita merasa masih banyak ruang kosong yang tersisa, namun penggunaan Disk Cleanup tetap perlu dilakukan. Selain untuk menghemat ruang harddisk, tool Disk Cleanup juga bermanfaat untuk membersihkan file cache, temporary, dan sampah yang tidak lagi digunakan oleh sistem Windows, sehingga kinerja OS Windows cenderung akan lebih fresh, cepat, dan stabil.

Tips atau cara menggunakan Disk Cleanup di Windows adalah :
1. klik Start – All Programs – Accessories – System Tools – Disk Cleanup
2. setelah tampil menu utama Disk Cleanup, silahkan Anda pilih partisi atau drive mana yang akan dibersihkan, lalu tekan OK
3. setelah muncul tampilan (contoh pada gambar ini adalah Drive D), maka Anda dapat melihat kelompok dari jenis file yang hendak dibersihkan atau akan dihapus dan kapasitas file yang ada, serta opsi lain (more option) yang berisi cleanup untuk program dan fitur, serta cleanup untuk system restore. Lihat gambar di bawah ini :
diskcleanup-setting4. Pada gambar disk cleanup di samping, Anda bisa memilih dengan memberikan tanda centang pada tiap menu file yang hendak dihapus, kemudian Anda tekan tombol OK untuk memulai proses Disk Cleanup atau penghapusan file yang tidak terpakai.
5. Sebaiknya pilih semua dengan memberi tanda centang, kemudian pilih OK, dan tunggu proses penghapusan file dengan Disk Cleanup berjalan sampai selesai.
6. Anda bisa menjalankan Disk Cleanup lagi dengan cara sama untuk Drive atau partisi yang lain, dan bisa dilakukan secara rutin dan berkala.

Demikian artikel tentang tips trik komputer untuk fungsi dan cara menggunakan tool Disk Cleanup pada OS Windows, agar ruang partisi hardisk bisa dihemat dan dapat mengembalikan peforma komputer lebih stabil.