Cek Keaslian Artikel – Alternatif Copyscape

0

no-plagiarismTips komputer dan software kali ini akan menyampaikan informasi tentang cara cek keaslian artikel di blog atau website yang menggunakan fasilitas selain di situs copyscape.com. Sebagaimana diketahui, terutama oleh para blogger, bahwa untuk menguji sebuah artikel atau untuk tes artikel itu termasuk sebagai artikel orisinil (asli) atau bukan, yang sering mejadi patokan untuk digunakan adalah artikel lolos copyscape. Sehingga akan diketahui bahwa artikel yang tidak lolos copyscape, termasuk ke dalam ketegori artikel copy-paste, artikel bajakan, artikel plagiat, artikel saduran, duplikat konten, dan lain-lain sebutannya. Bagi sebagian blogger mungkin tidak mau atau belum mau peduli dengan faktor “artikel asli, artikel bukan copy-paste, konten original, artikel lolos copyscape, konten duplikat” yang mereka posting di blog, karena memang tidak cukup mudah dan gampang untuk bisa menulis artikel asli. Meskipun sebenarnya merupakan sebuah kebanggan tersendiri apabila kita mempunyai blog dengan artikel yang murni buatan kita, bukan artikel copypaste dari blog lain, dan banyak keuntungan lain yang bisa didapatkan dari menulis artikel asli, termasuk saat hendak mendaftarkan blog sebagai mitra iklan atau publisher di Google Adsense.

Fasilitas menguji keaslian artikel blog dengan menggunakan fitur dan layanan copyscape memang validitasnya telah diakui secara global, terutama apabila artikel yang kita uji adalah artikel untuk bahan posting di blog yang didaftarkan ke Google Adsense (GA). Namun, karena fitur copyscape sifatnya premium dan profesional, sehingga kita hanya bisa menguji artikel gratis hanya 2 atau 3 kali saja, sehingga akan merepotkan jika kita tidak mempunyai cukup dana untuk memiliki akun copyscape premium. Ada fitur alternatif copyscape yang bisa digunakan untuk cek keaslian artikel (original content checker), berupa tool cek plagiarisme, dan fasilitas cek artikel unik yang ditawarkan oleh beberapa situs di internet, baik yang gratis maupun semi premium. Dimana secara umum cara kerja cek keaslian artikel di situs tersebut adalah mudah dan cepat, hanya dengan paste artikel ke form yang disediakan, kemudian klik tombol cek, dan akan keluar hasil dari tingkat keunikan atau orisinalitas artikel tersebutl.

Situs alternatif copyscape gratis dan terbaik adalah :

SmallSeoTools

Duplicheck

Plagium

Plagiarism

Plagiarism Check

Plagiarism Detector

Plagscan

Demikan cara cek keaslian artikel atau cara menguji artikel lolos copyscape dengan menggunakan tool gratis secara online di situs selain copyscape.com