Cara Menjalankan Android di Komputer

WindowsAndroid_appTips atau Cara menjalankan Android di komputer adalah cara yang dilakukan untuk bisa menjalankan atau menggunakan OS Android di PC, bisa juga disebut sebagai virtual android untuk komputer atau virtual Android for PC. Virtual Android untuk PC bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan software khusus, dimana versi dari Android yang akan digunakan pada PC adalah versi 4 yaitu Ice Cream Sandwich. Platform Android telah dikenal sebagai salah satu OS atau sistem operasi terlaris sekarang ini. Android sebagai OS gratis yang diterapkan pertama kalinya sejak ponsel Android pertama dirilis yaitu pada tahun 2008, tetapi sampai sekarang masih tetap berfokus sebagai platform untuk perangkat smartphone, Smart TV, dan Tablet PC. Dalam perkembangannya, platform Android sangat menarik dan semakin banyak digemari oleh para user maupun oleh para pengembang software dan aplikasi smartphone. Dan lebih menariknya lagi saat ini telah diciptakan software yang memungkinkan kita untuk menjalankan Android di komputer, yaitu dengan menggunakan aplikasi virtual Android untuk PC atau Android emulator for PC. Memiliki akses ke Android pada PC akan sangat berguna dan menyenangkan mengingat begitu banyak aplikasi-aplikasi menarik dari Android yang bisa dengan mudah untuk kita mainkan dan dijalankan di komputer.

Tips atau cara menjalankan Android di komputer Windows atau menjalankan emulator Android di komputer secara lengkap adalah dengan menggunakan software emulator Android yang bernama WindowsAndroid. WindowsAndroid adalah emulator Android yang membantu Anda untuk mengoperasikan sistem operasi Android dan aplikasi-aplikasi Android secara penuh di komputer, menjalankan secara lancar OS Android 4 Ice Cream Sandwich di dalam Windows, yang dilengkapi dengan aplikasi, widget dan pengaturan sistem. Meskipun Anda dapat menjalankan Android pada Windows dengan menggunakan emulator Android resmi yang datang dengan SDK Android, Anda harus melalui proses instalasi WindowsAndroid, kemudian dengan beberapa konfigurasi untuk memulainya. Dan setelah proses instalasi WindowsAndroid selesai, maka proses komputer akan cenderung lambat dari sebelumnya, apalagi bagi komputer yang spek prosessor dan memorinya pas-pasan.

WindowsAndroid-app

Ketika Anda menjalankan aplikasi WindowsAndroid, dimana keluar popup lock screen ICS, maka unlock dengan cara klik mouse dan tarik ke tepi lingkaran untuk membuka OS. Setelah terbuka, Anda bisa memindahkan langsung ke home screen seperti yang muncul pada Tablet Android, dengan jam di tengah dan app drawer di bagian kanan atas. Cukup klik dan tarik mouse kiri dan kanan untuk beralih antara home screen yang satu ke yang lainnya. Seperti home screen standar di ICS pada ponsel Android atau tablet Android, Anda akan mendapatkan total 5 home screen, dengan beberapa shortcut dan widget yang sudah ditambahkan ke dalamnya.

Dengan menekan tombol Home akan membuka daftar semua aplikasi yang diinstal dan widget. Pra-instal aplikasi WindowsAndroid termasuk browser, kalkulator, kalender, galeri, pengaturan dan tool lain yang biasa ditemukan pada Android OS. Karena Google apps seperti Play Store, Gmail, Play Music dll hilang dari menu campuran itu, maka gunakan tombol Widget di bagian atas untuk menelusuri widget-widget yang tersedia lalu Anda tempatkan ke Home Screen di PC.

Aplikasi kustom dapat diinstal dengan menempatkan APKS di folder data/app dimana WindowsAndroid diinstal. Menempatkan APKS dalam map ini akan secara otomatis menginstal aplikasi, dan Anda hanya perlu me-restart aplikasi sekali agar aplikasi-aplikasi tersebut ter-loading. Aplikasi emulator Android untuk Windows ini masih terus mengalami perkembangan dan perbaikan di sana-sini untuk mendapatkan performas yang maksimal.
Bagi Anda yang ingin mencoba menjalankan OS Android dan aplikasi Android di komputer, silahkan gunakan emulator Android gratis untuk komputer Windows ini. Anda bisa men-download gratis emulator Android untuk PC yang bernama WindowsAndroid pada alamat http://www.socketeq.com/

Demikianlah informasi tentang cara menjalankan Android di komputer dengan menggunakan aplikasi emulator Android untuk PC dan alamat download gratis WindowsAndroid. Semoga bermanfaat.

 

Tags: , , , , , , ,

 
 

More posts by