Cara Mengubah Password WordPress

wordpress-loginSebuah kepemilikan dari sebuah akun di internet, seperti halnya akun pada hosting, akun email, akun Facebook, akun Twitter, akun Blogger, akun Kaskus, akun Joomla, dan seterusya, maka akun pada WordPress juga demikian adanya, Akun di sini selalu menampilkan minimal dua informasi pokok sebelum kita bisa masuk dan mengakses akun kita tersebut, yaitu informasi User ID dan Password (nama dan kata sandi).  Karena beberapa hal atau alasan tertentu maka kita sering kali dihadapkan dengan keharusan atau kejadian untuk merubah password, dan alasan yang utama adalah karena faktor lupa. Sehingga di setiap tampilan login sebuah akun selalu ada pilihan untuk reset password atau kirim ulang kata sandi.

Demikian juga cara mengubah password WordPress dilakukan karena faktor lupa dengan password, dan juga karena beberapa alasan lain. Beberapa alasan yang dilakukan untuk mengubah password WordPress selain karena faktor lupa, adalah karena password hilang atau terganti dengan otomatis akibat dari bug pada plugins WordPress tertentu, atau karena password terganti akibat serangan hacker atau defacer, atau karena kita memang sengaja ingin mengganti password dengan kombinasi karakter yang lebih kompleks.

Untuk tips atau cara mengubah password WordPress yang akan saya uraikan di sini adalah untuk situs WordPress yang di hosting sendiri, sehingga mempunyai variasi cara mengganti password WordPress yang lebih banyak, karena ada fasilitas untuk akses melalui akun FTP dan akun CPanel.

Tips atau cara mengubah password WordPress dapat dilakukan dengan beberapa langkah dan disesuaikan dengan kondisi / faktor yang menjadi alasannya, yaitu :
1. Kondisi : mengubah password lama dengan password baru, jadi bukan karena lupa password ;
Login dengan Username dan Password WordPress seperti biasanya
Kemudian setelah masuk ke Admin Panel Pilih > Users > All Users > Pilh Username > Klik username Anda > Edit
Lalu scroll ke bawah, pada bagian the New Password ketikkan Password baru yang diinginkan, kemudian isikan juga pada kotak di bawahnya.
Tips : Ingat selalu password Anda dan gunakan gabungan dari huruf, angka dan besar kecilnya huruf untuk membuat kompleksitas password yang tinggi atau strength.
Simpan dan akhiri proses mengubah password dengan klik tombol Update Profile

2.. Kondisi : lupa password atau kehilangan password WordPress ;
Gunakan fasilitas Lost your password yang ada pada menu di bawah kotak Login Admin WordPress, setelah diklik masukkan alamat email (email yang Anda gunakan untuk otorisasi waktu membuat situs WordPress tersebut), kemudian tekan Get New Password. Setelah itu, Anda buka email tersebut untuk mengetahui pasword WordPress yang baru.
Tips : gunakan password tersebut untuk login ke Admin WP, kemudian ubah password tersebut (seperti cara pada kondisi nomor 1) agar mudah untuk Anda ingat passwordnya.

3. Kondisi : tidak bisa login WordPress karena lupa password dan lupa Email ;
Berikut ini cara yang harus dilakukan ketika kehilangan atau lupa password dan email untuk login Admin WP, yaitu melalui phpMyAdmin ;
a. login ke akun cPanel website Anda
b. setelah terbuka jendela cPanel, Anda scroll ke bawah dan berhenti pada menu Database lalu Klik phpMyAdmin.
c. setelah terbuka jendela phpMyAdmin, Anda perhatikan di Panel sebelah kiri ada list dari nama database, Anda harus memilih database yang sesuai dengan website Anda, kemudian Klik.
d. setelah Anda klik database tersebut, kemudian akan terlihat list tabel yang merupakan isi dari database itu.
e. lalu Anda pilih dan klik tabel yang bernama wp_users sehingga akan keluar tampilan wp_users seperti gambar di bawah ini :

gambar wpuser

f. dari gambar di atas perlu diperhatikan pada tanda angka (warna merah) 1 sampai 4. Pada angka 2, 3, 4 adalah informasi dari nama akun, password, dan email dari WordPress Anda. Khusus untuk informasi password ditampilkan dalam format karakter yang sudah di hash dengan MD5, sehingga tampilannya tidak seperti tulisan password seperti yang Anda ketikkan waktu dulu. Dan tulisan itu pun tidak bisa Anda copy kemudian paste sebagai informasi untuk login ke akun Worpress Anda. Jadi, pada langkah ini Anda sudah mendapatkan kembali informasi email yang lupa, sehingga password WP bisa didapatkan kembali dengan cara reset password via Email (seperti pada Kondisi 2 di atas).

g. apabila langkah f di atas tidak Anda lakukan, maka Anda bisa langsung mengganti password login WP melalui phpMyAdmin, atau bahkan untuk mengubah informasi login WP yang lain, baik itu user_login maupun user_email. Cara menggantinya adalah dengan klik Edit (di bawah angka 1 warna merah), sehingga akan tampil jendela wp_users editor seperti gambar di bawah ini :

gambar wpuser

h. pada gambar di atas yang perlu diperhatikan adalah bagian yang ada tanda angka 1 sampai 5 (warna biru). Pada angka 1 (user_login), ubahlah useranda dengan nama user sesuai keinginan Anda (berlaku juga untuk useranda yang ada di kolom user_nicename dan display_name, tetapi sebaiknya useranda yang ada di bagian display_name diganti dengan yang berbeda lagi).
Pada angka 2 (user_pass), klik  pilihan yang ada (Function) dan pilih MD5, lalu pada angka 3 isilah dengan password Anda. Dan pada angka 4 (email@anda), gantilah dengan akun email Anda. Kemudian akhiri dan simpan dengan menekan tombol Go yang ada di samping angka 5.
Anda harus mengingat dengan benar semua data yang Anda masukkan pada kolom-kolom di atas, agar informasi login, password, dan email WordPress bisa berfungsi dengan benar.

Demikian, beberapa tips atau cara mengubah password admin WordPress yang sangat berguna apabila kita lupa password dan lupa email untuk login ke blog WordPress.

 

Tags: , , , , ,

 
 

More posts by