Cara mengatasi Limited Download

0

gambar-hide-ipTips trik komputer kali ini akan memberikan informasi tentang solusi untuk mengakali atau cara mengatasi limited download (batasan download), limited access (batasan akses), mengatasi download limit pada situs-situs tertentu. Aktifitas online di internet yang berupa browsing, sosial media, chatting, posting forum, shopping, blogging, video streaming, bermain game online, menonton TV online, melihat YouTube, akses situs Vimeo, download lagu, download video gratis, download software gratis, upload file, kirim email, dan sebagainya semakin mudah dilakukan. Kemudahan kita dalam akses dan menggunakan internet karena semakin banyak dukungan gadget, teknologi 3G, dan kartu ISP (internet service provider) yang cenderung semakin obral tarif internet, dengan produk paket internet, kuota internet besar, obral perdana internet murah, kartu internet unlmited murah, kartu perdana internet 6 bulan, dan sebagaiya yang mana pada beberapa jenis kartu perdana internet murah tersebut ada yang ternyata banyak memiliki IP address (alamat IP) yang sama.

Batasan akses pada sebuah situs, download limit, dan upload limit, dimana selalu menampilkan warning / pesan error / peringatan yang muncul seperti “You have reached the download limit” , “The file reached the maximum download limit” , “You’ve reached the bandwidth limit for viewing or downloading files” , “We’re sorry…  but your computer or network may be sending automated queries. To protect our users, we can’t process your request right now“, dan sejenisnya. Warning berupa kalimat tersebut sering terjadi ketika kita mengakses sebuah situs penyimpanan file gratis (free file hosting) untuk men-download file, gambar, video, musik, aplikasi, dst, dimana IP dari kartu (SIM card) yang kita gunakan di modem terdeteksi sebagai SPAM (di black list) oleh situs tersebut.

Mengapa IP yang kita gunakan teridentifikasi sebagai SPAM oleh beberapa situs, seperti di ; tusfiles, file hosting, google translate, maupun beberapa forum di internet, karena IP address kartu di modem kita sama dengan IP address pada kartu lain yang sama provider (misalnya, alamat IP pada beberapa kartu perdana internet 3 AON, beberapa IP dari koneksi dengan SSH, dst). Sehingga, meskipun kita sebelumnya tidak pernah mengakses atau mendownload di situs tersebut, atau bahkan kita sudah mencoba beberapa kartu perdana internet baru, namun warning limited download tersebut tetap keluar, itu dikarenakan kesamaan pada IP address pada kartu-kartu yang kita gunakan tersebut, dan alamat IP tersebut sudah terlanjur dideteksi sebagai IP SPAM oleh situs-situs yang bersangkutan.

Cara mengatasi limited download di tusfiles, upload file di hosting, batasan akses di google translate, dan terblokir saat akses di situs tertentu :
1. pada browser yang digunakan (mozilla, opera, chrome) pasang dan aktifkan add-ons untuk merubah IP standar (menyembunyikan alamat IP kartu)
2. add-ons untuk mengganti IP atau menyembunyikan alamat IP, antara lain ; anonymox, zenmate, hidemyass
3. cara mengganti alamat IP di browser dan menggunakannya adalah aktifkan salah satu dari ketiga add-ons di atas (aktifkan & gunakan secara bergantian), kemudian Anda buka situs yang menolak download, menolak upload, tidak bisa diakses, dan situs yang terblokir.
4. apabila tidak menggunakan ketiga addons browser untuk ganti IP tersebut, maka gunakan saja layanan hide IP gratis, ganti IP, dan VPN gratis yang disediakan oleh situs-situs di bawah ini, (cara : tinggal paste link yang hendak dibuka ke kolom yang disediakan) :
hidemyass

hideme

surfeasy

ninja cloak

5. untuk menyembunyikan alamat IP (hide IP address) bisa juga dengan menggunakan tool atau software hide IP address (aplikasi penyembunyi alamat IP), seperti ;
hide ip easy

mask my ip

Demikianlah artikel komputer tentang tips atau cara mengatasi limited download, limited upload, dan membuka blokir kunjungan situs, karena masalah IP yang terkunci, dengan menggunakan add ons browser, layanan hide IP online, maupun dengan software penyembunyi IP address.