Cara Memproteksi Folder di Windows

folder-lockArtikel ini akan memberikan informasi tentang tips atau cara memproteksi folder di Windows, baik itu untuk proteksi folder di sistem operasi Windows XP, Windows Vista maupun di Windows 7. Cara memproteksi folder atau cara mengamankan folder dan file di Windows ini dimaksudkan untuk menjaga folder dan file yang ada di dalamnya agar tidak bisa diakses oleh orang lain. Proses mengamankan folder dan file yang ada di Windows ini meliputi penguncian atau pemblokiran folder dan file yang ada di dalamnya agar orang lain tidak bisa melakukan hal-hal berikut ; mengubah nama folder/file (rename), menghapus folder/file (delete), menampilkan folder/file (no-hidden), dan mengaksesnya (access). Cara mengunci atau memproteksi folder dan file di Windows agar tidak bisa diakses oleh orang lain, sangat perlu dilakukan dalam rangka menjaga privasi kita terhadap file atau data dan dokumen yang kita miliki dalam sebuah komputer.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memproteksi folder dan file yang ada di Windows, baik itu dengan script, perintah DOS (CMD), tweaking, maupun dengan menggunakan software proteksi folder atau folder lock. Begitu banyak aplikasi atau software untuk memproteksi file dan folder Windows yang bisa kita temukan dan kita download, baik itu software gratis maupun software berbayar. Salah satu aplikasi folder lock gratis yang akan saya sampaikan disini adalah Easy File Locker. Easy File Locker adalah aplikasi untuk mengunci folder dan file di Windows yang bisa kita download gratis dan digunakan secara bebas, dengan penggunaan yang simpel tetapi cukup powerfull.

Fitur dari aplikasi proteksi file, Easy File Locker 1.0 adalah :
- freeware alias software gratis
- ukuran file yang kecil sekitar 218 KB
- mudah digunakan dan powerful
- bisa mengunci atau memproteksi folder dan file dengan pilihan Access, Write, Delete, Visibility
- bisa digunakan di Windows XP, Windows Vista, Windows 7
- self password ; mengunci aplikasi Easy File Locker agar tidak bisa digunakan oleh orang lain

Link alamat download gratis aplikasi proteksi folder Easy File Locker ada di sini.

Cara memproteksi file/folder dengan Easy File Locker adalah :
- setelah di-download, silahkan install Easy File Locker di komputer
- kemudian jalankan Easy File Locker
- setelah program Easy File Locker terbuka, silahkan buat password agar aplikasi ini hanya Anda yang bisa menggunakannya. Caranya : klik System > Set Password
- untuk memprotek atau mengunci file yang diinginkan, silahkan klik Edit > Add File > Tentukan Lokasi Filenya, kemudian pada 4 piilihan yang ada (Accessable, Writable, Deletable, Visible) buang tanda centang sesuai kebutuhan (untuk total proteksi, silahkan buang semua tanda centangnya). Lalu tekan OK.
- untuk memprotek atau mengunci folder yang diinginkan, silahkan klik Edit > Add Folder > Tentukan Lokasi Foldernya, kemudian pada 4 piilihan yang ada (Accessable, Writable, Deletable, Visible) buang tanda centang sesuai kebutuhan (untuk total proteksi, silahkan buang semua tanda centangnya). Lalu tekan OK.
- demikian seterusnya untuk file dan folder yang akan Anda protek dengan Easy File Locker.
- untuk membuka proteksinya Anda bisa menggunakan menu Delete atau Stop yang ada pada tombol-tombol di bawah Menu Bar.

Demikian informasi tentang tips atau cara memproteksi folder di Windows dengan aplikasi Easy File Locker. Semoga bermanfaat.

 

Tags: , , , , , ,

 
 

More posts by