Cara Mempercepat Shutdown Windows 7

windows-7-shutdownInformasi tentang tips atau cara mempercepat shutdown Windows 7. Salah satu kelebihan WIndows 7 dibandingkan dengan Windows versi sebelumnya adalah proses Starting / Start Up Windows 7 yang cepat. Namun demikian, ternyata untuk proses shutdown Windows 7 masih terkesan lambat dan seakan tidak berbeda dengan proses shutdown pada Windows versi sebelumnya, atau mungkin bisa lebih lama daripada waktu shutdown Windows XP. Hal ini tentu saja dirasa kurang maksimal dan kurang nyaman bagi kita yang cenderung selalu menghargai waktu dalam kegiatan sehari-hari, atau bagi yang sering bongkar pasang program yang mengharuskan komputer harus direstart dulu. Cepat atau lambatnya proses shutdown Windows 7 memang dipengaruhi juga oleh faktor kelas komputer, yaitu jenis komputer atau laptop yang kita miliki, seperti jenis motherboard dan processor, jumlah memori/RAM yang dipasang, kapasitas harddisk, serta ragam software dan aplikasi yang diinstall di komputer. Dan memang tidak sampai memakan waktu yang lama sampai puluhan menit untuk menunggu proses shutdown Windows 7, tetapi tidak ada ruginya juga apabila ada cara yang bisa dilakukan agar proses shutdown Windows 7 bisa kita buat lebih cepat daripada sebelumnya.

Secara standar dan pada umumnya proses shutdown Windows 7 dari mulai mengklik tombol shutdown sampai komputer mati membutuhkan waktu sekitar 30 detik. Berikut ini beberapa tips atau cara mempercepat shutdown Windows 7 :
1. Mengurangi Wait To Kill Service Timeout
Ketika proses shutdown Windows dimulai, maka sistem akan mematikan semua proses (Service) yang berjalan, kadang juga muncul warning ketika masih ada program yang belum kita tutup, dan tentu akan memakan waktu. Jumlah waktu tunggu saat Windows 7 shutdown didefinisikan pada registry key. Dan kita bisa menguranginya dengan melakukan tweaking sistem registry Windows 7.
Cara mempercepat shutdown Windows 7 dengan hack / tweak system registry ini mungkin saja akan berdampak terhadap rusaknya sistem Windows 7 apabila Anda melakukannya tidak teliti dan tidak sesuai petunjuk, sehingga ada baiknya untuk jaga-jaga Anda lakukan dulu backup registry sebelum melakukan cara ini.
Cara backup system registry Windows 7 adalah :
- klik Start -> pada kotak search ketik regedit lalu Enter
- setelah muncul jendela Registry Editor -> klik File -> Export -> tentukan lokasi penyimpanan dan beri nama sesuai tanggal backup registry agar mudah diingat, lalu Save.
- exit dari registry editor
Cara mempercepat shutdown Windows 7 dengan edit / tweak system registry adalah:
- klik Start -> pada kotak search ketik regedit lalu Enter
- setelah muncul jendela Registry Editor, cari folder ini => HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentControlSetControl (lihat gambar registry editor di bawah ini)
gambar-registry-editor

- kemudian di kolom sebelah kanan klik 2X pada “WaitToKillServiceTimeout“, dan ubah angkanya dari 12000 menjadi 2000 , lalu OK.
- kemudian cari folder ini => HKEY_CURRENT_USERControl PanelDesktop
- kemudian di kolom sebelah kanan klik 2X pada “WaitToKillAppTimeout“, dan ubah angkanya menjadi 1000, lalu OK.
- jika Anda tidak menemukan “WaitToKillAppTimeout“, maka buatlah dengan cara Klik Kanan (di kolom sebelah kanan) > New > String Value, dan beri nama > WaitToKillAppTimeout. Lalu set value data 1000, lalu OK.
- keluar dari Registry Editor.
Dengan cara pertama ini, proses shutdown Windows 7 membutuhkan waktu sekitar 25 detik.

2. Membuat Fast Shutdown Shortcut
Mempercepat shutdown Windows 7 dengan shortcut shutdown dari Command DOS
Caranya :
Klik kanan pada Desktop > New > Shortcut > ketik shutdown.exe -s -t 00 -f (pada kotak Type the location of the item) > klik tombol Next to continue > berikan nama atau secara default adalah shutdown.exe > Finish
Untuk menggunakannya atau untuk shutdown Windows 7, Anda klik 2X shotcurt shutdown.exe tersebut.
Dengan cara kedua ini, proses shutdown Windows 7 membutuhkan waktu sekitar 22 detik.

3. Brute Force Shutdown
Adalah shutdown Windows 7 secara hardware atau bisa dikatakan secara kasar, yaitu melakukan shutdown Windows 7 dengan cara menekan tombol power komputer selama beberapa detik (3 – 5 detik), sehingga Windows 7 akan segera shutdown. Meskipun cara ini adalah cara shutdown Windows 7 yang paling cepat dibandingkan 2 cara di atas, tapi sebaiknya jangan sering dilakukan, karena dampaknya bisa merusak harddisk (crash harddisk).
Dengan cara ketiga ini, proses shutdown Windows 7 membutuhkan waktu sekitar 6 detik.

Catatan : Jika salah satu dari cara di atas sudah Anda lakukan, dan ketika proses shutdown Windows 7 mengeluarkan warning seperti ini “1 program still needs to close: (Waiting for) Task Host Window”, maka Anda harus mengupdate Hotfix dengan versi terbaru (gratis) di alamat ini => http://support.microsoft.com/kb/975777/en-us

Demikianlah tips atau cara mempercepat shutdown Windows 7. Semoga bermanfaat.