Cara Membuat Start Menu di Windows 8

0
Grosir Baju Murah

StartMenu84_appsTips atau cara membuat Start Menu Classic di Windows 8. Windows 8 adalah operating system terbaru dari Microsoft yang mana dikenal sebagai sistem operasi touchscreen yang tampilan utamanya dikenal dengan sebutan Metro Screen atau Start Screen. Menu-menu yang ada di Start Screen antara lain ; Mail, People, Messaging, Desktop, Calendar, Photos, Finance, Weather, Maps, Sports, Skydrive, Games, dan sebagainya. Start Screen di tampilan utama Windows 8 adalah icon atau shortcut dari menu-menu standar bawaan Windows 8. Bagi yang baru pertama kali menggunakan WIndows 8, tentu saja akan sedikit merasa bingung dengan tampilan yang memang berbeda dari Windows versi sebelumnya, baik WIndows XP, Windows Vista, maupun tampilan Windows 7. Untuk masuk ke menu desktop Windows 8, Anda bisa menyentuh atau meng-klik icon desktop di Metro Screen, sehingga akan masuk ke tampilan utama Windows 8. Setelah berada di desktop Windows 8 maka kita akan diperlihatkan dengan icon Recycle Bin di sebelah kiri atas, di sebelah kanan desktop ketika kita mangarahkan pointer mouse atau mengarahkan jari maka akan keluar menu yang disebut  Metro Hot Corners, di bagian bawah desktop ada taskbar yang berisi icon Internet Explorer dan Windows Explorer, dimana di sebelah kirinya tidak ada tombol Start Menu atau gambar logo Windows.

Windows 8 memang tidak menyediakan lagi Start Menu Classic yang berisi daftar dari program files seperti yang ada di Windows 7, sehingga apabila kita hendak menjalankan suatu aplikasi atau program tertentu, maka kita harus mengaktifkan atau membuka dulu menu Start Screen, kemudian baru memilih icon dari program yang akan dijalankan. Untuk membuka menu Start Screen Windows 8 bisa dengan menekan tombol Windows di keyboard, atau dengan mengarahkan pointer mouse di sudut kiri bawah desktop, sampai keluar menu Start atau gambar kotak berwarna-warni lalu Klik. Dengan cara yang demikian tentu saja masih banyak yang merasa canggung atau kurang praktis, karena biasanya di Windows XP maupun di Windows 7 kita akan mudah saja memilih dan menjalankan program files hanya dengan sekali klik di tombol Start Menu, maka akan tampil daftar program files yang ada di komputer.

Untuk mengatasi ketidaknyamanan kita dengan tidak adanya Start Menu di WIndows 8 tersebut, maka ada cara yang harus dilakukan agar Start Menu bisa tampil di Windows 8.
Cara untuk memunculkan kembali atau membuat Start Menu di Windows 8 adalah sebagai berikut :

1. Download dan install salah satu dari aplikasi / software untuk menampilkan Start Menu di Windows 8 berikut ini;
– bisa dengan aplikasi ViStart => http://lee-soft.com/vistart/builds/windows-start-menu-vistart.exe
– bisa dengan aplikasi Statr8 => http://www.stardock.com/products/start8/
– bisa menggunakan aplikasi Classic Shell => http://classicshell.sourceforge.net/
– atau menggunakan aplikasi StartMenu8 => http://www.iobit.com/iobitstartmenu8.php

2, Pada contoh ini, yang digunakan untuk menampilkan atau membuat Start Menu di Windows 8 adalah aplikasi StartMenu8.
3. Setelah aplikasi StartMenu8 terinstall di Windows 8, maka Anda akan melihat tombol Start Windows di sebelah kiri taskbar Windows 8, yang mana apabila tombol tersebut di klik maka akan muncul menu-menu seperti halnya menu yang ada di Windows 7.
4. Anda bisa melakukan pengaturan terhadap aplikasi StartMenu8 itu dengan cara meng-klik kanan di tombol StartMenu8, kemudian Anda pilih untuk mengaktifkan atau tidak mengaktifkan dari pilihan yang ada (dengan memberi atau membuang tanda centang di depannya). Lihat gambar StatrMenu8 di bawah ini.

startmenu8

Dari dua tanda centang yang dipilih pada gambar StartMenu8 di atas, maksudnya adalah bahwa aplikasi StartMenu8 akan otomatis berjalan ketika WIndows 8 dijalankan, dan akan mengabaikan tampilan Metro Screen (bypass startscreen) Windows 8, sehingga komputer akan segera masuk menuju ke tampilan desktop Windows 8. Anda bebas melakukan pengaturan StartMenu8 ini sesuai dengan keinginan.

Demikianlah tips atau cara membuat Start Menu atau cara menampilkan Start Menu di Windows 8. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply