Cara Membuat Fan Page di Facebook

0

facebook-fanpageTips trik komputer kali ini akan membahas tentang cara membuat Fanpage di Facebook atau cara membuat halaman di Facebook. Keberadaan Facebook pada awalnya adalah sebagai ajang sebagai jejaring sosial dan situs pertemanan untuk saling berbagi informasi, link, foto, dan juga status. Pada  awalnya fitur pada Facebook hanya terdiri dari fasilitas profil, beranda, note, dan juga group, dimana group pada Facebook dimaksudkan sebagai wadah khusus dari para pengguna Facebook yang ingin memiliki tempat ngobrol dan tukar informasi secara lebih intensif, bisa karena kesamaan bakat, kesamaan hobi, status sosial, pekerjaan, kepentingan, partai politik, daerah asal, skill, bisnis, jual beli, forum komputer, info artis, diskusi kesehatan, dan sebagainya. Sejalan dengan perkembangan jumlah pemakai Facebook dan kepentingan yang lebih beragam dan praktis, maka Facebook membuat fitur Fanpage atau Halaman Facebook.

Fitur Fan Page Facebook ini semakin digemari dan digunakan sebagai ajang untuk memberikan informasi, promosi produk, promo jasa online, update berita, halaman tokoh, halaman artis,  toko online, tempat jualan online, tanya jawab dengan konsumen, dan sebagainya. Keberadaan Fan Page Facebook sangat potensial dijadikan sebagai alternatif membuat toko online gratis atau sebagai sarana layaknya sebuah online store atau lapak online atau blog untuk jualan, baik jual barang maupun jasa, dengan tampilan dan model yang lebih simpel, lebih dinamis, dan lebih praktis. Fanpage Facebook ini cukup mudah dan praktis untuk digunakan dan dibuat oleh para pemula yang awam di dunia blogger, baru memulai pemasaran online, melakukan promosi online, maupun bagi profesional di bidang bisnis online dan internet marketing, tanpa perlu dengan menguasai kode-kode html, script blog, dan bahasa pemrograman website.

Langkah-langkah atau cara membuat Fan Page di Facebook :
1. Login ke akun Facebook
2. Setelah login dan berada di beranda Facebook, lihat di panel bagian kiri bawah dan klik pada sub menu halaman, yaitu Buat Halaman
3. Setelah berada di Buat Halaman, Anda pilih dan tentukan 1 dari 6 pilihan jenis Halaman yang akan dibuat (dimana pada masing-masing pilihan tersebut memiliki uraian tentang banyak kategori), yaitu ;
– Tempat atau Bisnis Lokal
– Perusahaan, Organisasi, atau Institusi
– Merek atau Produk
– Artis, Musik, Tokoh Masyarakat
– Hiburan
– Perjuangan dan Komunitas
tablet-murah4. Dalam artikel ini, saya contohkan untuk memilih dan klik Merk atau Produk, lalu saya beri nama Tablet Murah, kemudian klik Memulai. (lihat gambar di samping kanan).

5. Sehingga muncul tampilan pengaturan Page seperti gambar di bawah ini, dimana terdapat 4 (empat) TAB, yang masing-masing sebaiknya Anda isi, agar lebih informatif & meyakinkan bagi para pengguna atau orang yang melihat Fan Page Anda. pengaturan-fanpage

Tentang ; isilah dengan deskripsi sebagai gambaran singkat dari produk, toko, atau jasa yang hendak Anda tawarkan.   Tips: Jika ada warning error, dimana biasanya sering terjadi pada isian di alamat web Facebook (lihat tanda panah di gambar), karena nama tersebut sudah dipakai orang lain, maka sebaiknya Anda ganti dengan nama lain yang identik, atau dengan nama yang sama tetapi dikasih perbedaan dengan garis bawah atau tanda strip,  sampai tidak keluar lagi warning error. Alamat situs Fan Page Facebook atau alamat link Fan Page ini sangat penting untuk memudahkan orang dalam mencari dan mengingat Fan Page Anda. Jika sudah selesai, klik tombol Simpan Info yang ada di bawah, dan lanjutkan ke TAB sampingnya.
– Foto Profil : upload foto produk atau gambar yang berhubungan dengan materi Fan Page Anda.
Tambahkan ke Favorit : klik tombol Tambahkan ke Favorit
Jangkau Lebih Banyak Orang : ini bagian yang bisa dipilih, apabila Anda akan mengunakan jasa layanan iklan premium (berbayar)  di Facebook untuk menyebarkan Fan Page, atau jika tidak dan Anda memilih cara manual yang gratis, maka tekan tombol Lewati.

6. Jika langkah tersebut, sudah selesai dilakukan, maka Fan Page yang Anda buat sudah jadi, dan Anda bisa melakukan editing atau perbaikan baik pada informasi profil Fan Page, foto Fan Page, dan sebagainya, sebagaimana Anda lakukan pada profil Facebook. Dan hal penting yang harus Anda lakukan setelah Fanpage Facebook jadi, adalah melakukan beberapa setting atau pengaturan pada TAB PENGATURAN, yang menu di dalamnya bisa Anda sunting sesuai kebutuhan.

7. Sebagai langkah berikutnya apabila Fan Page sudah jadi dan sudah dilakukan pengaturan dengan semestinya, maka Anda harus mempromosikan Fan Page Facebook dengan mengundang teman atau orang lain untuk menjadi Penggemar atau Liker atau Follower. Untuk mendapatkan Liker tersebut bisa dilakukan secara manual dan gratis dengan mengajak teman Facebook, mengundang temannya teman, mempromosikan alamat link Fan Page ke group-group yang ada di Facebook, maupun dengan cara berbayar yaitu dengan membayar jasa atau membeli real human Liker atau Follower Fan Page.

Demikian informasi tentang tips atau cara membuat Fan Page di Facebook, semoga bermanfaat.