Cara membagi bandwidth tanpa software

0

bandwidth-internet Informasi dan tips trik komputer kali ini akan membahas tentang tips dan cara membagi bandwidth internet tanpa menggunakan software atau aplikasi pembagi bandwidth internet, dimana cara ini bisa dilakukan pada komputer yang menggunakan sistem operasi (OS) Windows, baik itu Windows XP, Windows Vista, Windows 7, maupun di Windows 8.1. Cara membagi bandwidth internet yang tanpa menggunakan software atau aplikasi juga bisa dilakukan pada komputer yang ber-OS Linux dan Mac OS yang tentu saja disesuaikan dengan sistem konfigurasi pada masing-masing OS tersebut. Fungsi membagi bandwidth internet ini dilakukan pada komputer yang digunakan dalam sistem jaringan atau LAN, baik dengan kabel maupun tanpa kabel yaitu dengan teknologi Wifi Hotspot (WLAN) dimana komputer atau gadget secara bersama-sama menggunakan / mengakses internet dengan 1 koneksi internet atau 1 modem.

Tujuan pembagian bandwidth internet adalah untuk mengatur dan membagi kecepatan atau speed download dan speed upload pada semua klien yang mengakses internet pada 1 modem atau 1 sumber koneksi. Pembagian bandwidth internet sering dijumpai secara nyata pada jaringan komputer kantor, laboratorium komputer sekolah/kampus, komputer di warnet, jaringan hotspot di kafe, dan sebagainya yang saat ini juga semakin banyak dijumpai berbagi koneksi internet di asrama mahasiwa atau kos-kosan, dan juga di rumah. Apabila skala jaringan komputer yang menggunakan bandwidth internet berjumlah besar (lebih dari 10) tentu saja pengaturan atau pembagian bandwidth internet lebih mudah dilakukan dengan menggunakan hardware dan software pembagi bandwidth, seperti Mikrotik, dan pengaturan di router. Pada tips komputer kali ini, cara membagi bandwidth mudah dan cepat, serta tidak menggunakan software maupun mikrotik, karena koneksi internet hanya menggunakan modem USB (Huawei E160 tahan panas), kemudian berbagi internet dengan Wifi Hotspot hanya untuk 3 komputer saja.

Cara membagi bandwidth tanpa software, tanpa mikrotik, & tanpa setting router :

– setting ini dilakukan di Windows 7
– klik tombol Start, lalu ketik gpedit.msc
– sehingga tampil layar Local Group Policy Editor
– lalu klik Administrative Templates, lalu klik 2x pada Network, lalu klik 2x pada QoS Packet Scheduler
– kemudian klik 2x pada Limit reservable Bandwidth, setelaj muncul tampilan Limit reservable Bandwidth, pilih Enable, dan pada kolom Bandwidth limit (%) isikan angka sesuai kebutuhan Anda dalam membagi bandwidth, lalu akhiri dengan OK.
– pada pengisian angka, jika ingin membagi dan mengatur bandwidth internet (bandwidth management) untuk komputer lain hanya mendapatkan speed / kecepatan 30% dari speed total, maka isikan 70. Artinya, semua komputer klien akan mendapatkan bandwidth yang sama besar yaitu masing-masing hanya 30% dari total speed koneksi internet di modem.
– untuk lebih jelasnya, lihat gambar di bawah ini :
gambar-setting-bandwidth

 

 

 

Demikianlah tips trik komputer tentang cara membagi bandwidth internet tanpa software, tanpa mikrotik, dan tanpa pengaturan di router.