Cara Hapus Akun Twitter Permanen

0

Mempunyai akun di media sosial atau jejaring sosial pada saat ini merupakan sebuah kewajiban bagi sebagian besar orang di banyak negara, dimana sampai di Juli 2017 sudah ada banyak jejaring sosial yang benar-benar bagus dan banyak digunakan. Beberapa nama situs jejaring sosial atau microblogging terkenal dan populer tersebut seperti Facebook, Twitter, Instagram, Line, Google Plus, Path, dan sebagianya. Bagi kebanykan orang, mempunyai akun Twitter merupakan hal yang menarik, menyenangkan dan penting untuk terus dikunjungi dan diaktifkan setiap hari, dari sekedar untuk saling sapa, mengungkapkan perasaan atau curhat, sampai pada hal yang penting seperti untuk promo bisnis sampai kepentingan yang lainnya. Sementara bagi sebagian yang lain, bahwa media sosial dari akun Twitter atau facebook dan yang lain kadangkala dirasakan merupakan sarana yang sudah mulai tidak pada tempatnya, karena memang tidak sedikit dijumpai status di media sosial yang brisi ujaran kebencian, berita hoax, bahkan sampai kabar fitnah. Tentu saja bagi kita yang masih dalam kategori sebagai “orang waras” dan mempunyai akal sehat akan merass risih dan terganggu dengan status atau cuitan yang dibagikan oleh orang lain yang berisi ujaran kebencian dan status provokasi.

Selain karena faktor merasa terganggu dengan kian banyak status berupa tulisan, berbagi gambar, dan share video yang bernada kebencian,  provokasi, permusuhan, dan HOAX, maka faktor kejenuhan dalam aktivitas dengan Twitter maupun medsos yang lain akan membuat kita menjadi malas untuk membukanya lagi.  Tak sedikit dari pengguna medsos seperti Facebook dan Twitter yang sudah lebih dari sebulan tidak membuka lagi akun mereka, bisa dikarenakan sibuk, bosan, mempunyai akun yang baru, atau karena merasa tidak berkepentingan lagi dengan akun mereka tersebut. Sebenarnya apabila kita hendak menonaktfkan akun media sosial, seperti ingin menghapus akun Twitter, menonaktifkan akun Facebook secara permanen dan akun medsos yang lain, bisa dilakukan dengan tips trik atau cara yang beragam. Cara hapus akun medsos bisa dengan cara paling simpel, yaitu dengan tidak membuka atau tidak login lagi di akun tersebut selamanya, maupun dengan cara lain yang lebih prosedural untuk menutup akun medsos secara permanen.

Panduan atau tutorial cara hapus  akun Twitter permanen (sumber KompasTekno) :
1. Login ke akun Twitter melalui laptop atau PC, jika menggunakan smartphone login Twitter via browser, jadi jangan masuk akun Twitter lewat aplikasi
2. Setelah login, klik Account Setting dan cari tombol “Deactivate my account” di bagian bawah. Jika muncul pertanyaan, klik saja pilihan “Okay, fine, deactivate account”.
3. Ketik password Anda untuk melakukan verfikasi. Lalu akun Twitter Anda akan dihapus untuk sementara waktu. Setelah tahap ini, akun Twitter tidak langsung menghilang namun akan terjadi delay, sehingga akun Twitter masih bisa terlihat untuk beberapa hari.
4. Setelah melalui 3 langkah di atas, Anda tidak boleh membuka akun Twitter tersebut sama sekali
5. Setelah lewat sebulan, Twitter akan otomatis menghapus seluruh data pada akun Anda, dan seminggu kemudian seluruh data akun Twiter Anda akan benar-benar hilang dari sistem Twitter
6. Namun, perlu diingat bahwa Twitter tidak bisa mengendalikan berbagai layanan sistem dan teknologi dari pihak lain, yang biasanya pihak tersebut mampu menyimpan cache atau copy dari profil Twitter Anda. Sehingga meskipun akun Twitter sudah benar-benar hilang, namun cacher dari pihak lain tersebut tetap bisa digunakan untuk melihat isi profil Twitter Anda yang sempat tersimpan oleh mereka.