Cara Cepat Artikel Terindeks Google

0

google-searchCara cepat artikel terindeks di Google. Informasi tentang tips atau cara cepat agar artikel dan postingan blog kita bisa terindeks Google dengan cepat. Cepat di sini bisa saja artikel akan diindeks Google setelah selesai dibuat, dalam hitungan hanya beberapa menit, beberapa jam, atau sehari. Sebagai bagian dari tips SEO atau cara mengoptimasi blog adalah dengan membuat konten atau artikel kita bisa terindeks oleh Google dengan secepat mungkin, dan juga mesin pencari yang lain, seperti Bing, Ask, Yahoo, dan sebagainya. Banyak hal dan cara yang bisa digunakan untuk optimalisasi SEO blog, baik itu dengan sistem backlinks, software SEO, teknik bookmarking, ping services, dan sebagainya. Karena optimasi konten blog yang sering dilakukan oleh blogger (pemula) di Indonesia adalah ditujukan untuk pencarian atau indeks di Google, maka cara cepat artikel terindeks di sini saya lakukan (juga) dengan tujuan diindeks Google, dan saya lakukan dengan menggunakan layanan dari Google Webmaster Tools dan beberapa tips dan trik optimasi SEO sederhana.

Cara cepat artikel terindeks Google di sini bertujuan agar artikel yang telah kita buat atau posting di blog dan website bisa masuk dan terindeks di mesin pencari Google tanpa harus menunggu berhari-hari atau berminggu-minggu, dimana minimal terindeks dengan utuh yaitu sebagai alamat link artikel atau “full article link“, atau bisa juga terindeks sebagai judul artikel di Google, maksimal bisa diindeks sebagai judul artikel dan berada di halaman pertama Google.

Beberapa tips atau cara cepat artikel terindeks Google adalah :

1. blog, situs atau website harus sudah didaftarkan atau submit ke Google Webmaster Tools (http://www.google.com/webmasters/tools/submit-url)
Apabila belum segera daftarkan situs atau blog Anda ke link tersebut, Anda harus mempunyai akun Google (GMail) terlebih dahulu. Jika blog sudah terdaftar di Google Webmaster, maka ketika alamat link situs diketik di Google Search, maka akan tampil di hasil pencarian Google.
Submit blog ke Google Webmaster
wajib dilakukan, karena alamat situs merupakan induk dari artikel-artikel yang ada di dalamnya, sehingga nantinya artikel-artikel tersebut akan bisa dibaca atau di-crawl oleh Google bot / Google Spider, untuk kemudian hasil crawl ditampilkan di mesin pencarian Google. Hal ini wajib dilakukan, terlebih lagi untuk blog atau situs yang dibangun bukan dengan blogger.com atau blogspot.com. Misalnya, blog atau situs dibuat dengan CMS seperti ; Joomla, WordPress, Magento, phpBB, Drupal, dll, atau dengan blog gratisan seperti ; weebly, blogs.com, blogdetik, dll.

2. apabila blog sudah didaftarkan di Webmaster Google, maka cara yang selanjutnya Anda harus men-submit sitemap (sitemap.xml) dari situs ke Google Webmaster
Untuk membuat sitemap blog (sitemap.xml) bisa menggunakan sitemap builder online, bisa dengan script sitemap builder, maupun dengan plugin yang biasa digunakan oleh CMS atau content builder.

3. lakukan fungsi Fetch as Google pada Google webmaster tools
Cara mempercepat artikel terindeks Google dengan fetch as Google, adalah sebagai berikut :
– login ke http://www.google.com/webmasters/tools
– kemudian pada Dashboard Webmaster Tools klik Health > Fetch as Google > masukkan link artikel ke kolom yang kosong (yang dimasukkan adalah alamat link artikel tanpa alamat blog)  > lalu klik Fetch
– tunggu sebentar, sampai Google Fetch menyatakan bahwa proses Fetch sukses, apabila prosesnya gagal, silahkan dicoba lagi. (lihat gambar proses Google as Fetch di bawah ini)

proses-google-as-fetch
– apabila proses Google as Fetch telah sukses, di bawah indikator Fetch Status akan tertulis Success, lalu Anda klik tombol Submit to index, sehingga akan berubah menjadi URL submitted to index (lihat gambar fetch status di bawah ini) :

google-as-fetch

4. buatlah artikel di blog dengan konten yang unik, menarik, dan bukan merupakan artikel hasil copy-paste dari artikel orang lain. Diusahakan membuat blog dengan konten yang konsisten dan spesifik, sehingga tiap artikelnya akan saling berhubungan dan masih dalam satu fokus atau materi. Misalnya, blog tentang kesehatan mata, blog abg narsis, blog foto model, blog puisi cinta, blog software komputer, blog aplikasi android, blog ponsel bekas, blog resep minuman, blog obat herbal, dan sebagainya.

5. biasakan untuk menulis konten / posting artikel secara teratur di blog, misalnya sehari sekali, 3 hari sekali, atau seminggu sekali.

6. pilihlah template blog atau theme website yang simple, cepat di-loading, dan tidak memasang animasi dan widget yang tidak penting yang hanya akan memberatkan loading blog

7. setelah artikel selesai dibuat, lakukan pinging atau submit artikel ke situs ping service gratis, seperti ; pingomatic, bulkping, pingfarm atau massping.

8. publish atau sebarkan artikel ke jejaring sosial seperti Twitter, Facebook, dan Google Plus. Tetapi jangan terlalu sering, lakukan satu atau dua kali saja untuk satu artikel agar Anda tidak dicap sebagai Spammer oleh teman-teman di jejaring sosial.

9. mulailah untuk membangun backlinks atau link builder, bisa dengan cara submit links ke web directory, pasang signature di forum, menggunakan jasa layanan backlinks gratis, maupun dengan cara blogwalking dan bertukar link / bertukar banner dengan sesama blogger.

Demikianlah informasi tentang tips atau cara cepat artikel terindeks Google dan cara agar artikel cepat diindeks Google, dengan bermacam cara dan trik optimasi SEO sederhana, baik itu dengan fasilitas dari Google Webmaster Tools, link building, ping service, social bookmarking, dan lain-lain. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply