Add Ons IDM CC untuk Firefox 12

0

addons-idmccPerkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terus berjalan seiring dengan tuntutan zaman dan kompleksitas kebutuhan hidup manusia modern. Dengan tujuan untuk melakukan inovasi-inovasi baru, juga untuk semakin menyempurnakan hasil dari teknologi sebelumnya, serta tujuan untuk semakin memberikan kinerja yang optimal dengan tingkat efektifitas yang tinggi terhadap kompleksitas kebutuhan manusia, inilah yang menjadi faktor-faktor utama semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi Salah satu bentuk dari perkembangan ilmu pengetahuan di bidang teknologi internet adalah dengan dirilisnya browser Mozilla Firefox 12.

Browser Mozilla Firefox 12 adalah browser Mozilla Firefox terbaru yang merupakan pengembangan dari Mozilla Firefox versi sebelumnya, yaitu Mozilla Firefox 11. Kita bisa menggunakan atau mendapatkan browser Mozilla Firefox 12 ini dengan dua cara, yaitu dengan cara online maupun dengan cara offline. Untuk mendapatkan browser Mozilla Firefox 12 secara online adalah melalui update Mozilla Firefox yang sekarang kita pakai. Sedangkan cara untuk mendapatkan Mozilla Firefox 12 secara offline adalah dengan men-download Mozilla Firefox 12 kemudian menginstallnya.

Cara update Mozilla Firefox bisa dilakukan dengan membuka browser Mozilla > lalu klik menu Help > About Firefox > klik Check for Updates. Kemudian Anda tunggu proses update Mozilla Firefox sampai selesai. Tips: untuk Anda yang menggunakan koneksi internet dengan speed pas-pasan, sebaiknya jangan menggunakan cara ini, karena akan lama proses updatenya. Setelah proses update selesai, coba Anda buka lagi menu Help > About Firefox, apabila di situ tertulis Firefox 12.0 maka Mozilla Anda sekarang telah menjadi Mozilla Firefox versi terbaru atau Mozilla Firefox versi 12. Sedangkan untuk update Mozilla Firefox 12 secara offline atau men-download Mozilla Firefox 12 bisa dilakukan dengan cara membuka link ini > http://www.mozilla.org/products/download.html?product=firefox-12.0&os=win&lang=en-US

Setelah proses download Mozilla Firefox 12 selesai, silahkan install Mozilla Firefox 12 tersebut seperti biasanya Anda menginstall software pada komputer. Tips : pada tahap pemilihan lokasi instalasi, biarkan lokasinya sama dengan lokasi Mozilla Firefox sebelumnya, kemudian klik “Upgrade” untuk melanjutkan proses instal Firefox 12 sampai selesai. Setelah selesai, maka Mozilla akan melakukan cek terhadap add-ons yang ada pada Mozilla versi sebelumnya, dengan menampilkan jendela “Incompatible Add-ons“. Anda bisa memilih untuk Check Now maupun Don’t Check (terserah kebutuhan Anda, karena add-ons yang tidak kompatible bisa Anda cari nanti lewat menu add-ons di Mozilla Firefox 12 atau Mozilla Firefox 14), dengan terlebih dahulu menyorot list add-ons yang tampil. Lihat tampilan Incompatible Add-ons Mozilla pada gambar 1. di bawah ini :

add-ons-incompatible

Dari tampilan pada gambar Incompatible Add-ons Mozilla di atas yang saya sorot adalah pada bagian add ons IDM CC 7.3.11, kemudian saya klik “Check Now“, dan ternyata memang add ons IDM CC 7.3.11 tidak kompatible untuk Mozilla Firefox 12. Dengan kondisi ini, tentu akan terasa mengganggu karena kita tidak bisa mengintegrasikan add-ons IDM CC dengan Mozilla Firefox 12 atau Firefox 14. Lalu, bagaimana cara mengatasi atau cara memasang add ons IDM CC untuk Firefox 12? Untuk mengatasi kondisi itu dimana add-ons IDM CC agar bisa terintegrasi dengan Mozilla Firefox 12 dan Firefox 14,¬†maka ada beberapa tips atau cara memasang add ons IDM CC di Firefox 12 dan Firefox 14 yang harus dilakukan.

Berikut ini tips atau cara memasang add ons IDM CC untuk Firefox 12 dan juga untuk Firefox 14 :
download file add ons IDM CC yang bernama idmmzcc.xpi dengan membuka link ini > http://www.internetdownloadmanager.com/idmmzcc/idmmzcc.xpi

Anda simpan file idmmzcc.xpi di desktop (untuk memudahkan lokasi penyimpanan)

– kemudian, Anda klik menu Tools > Add-ons > sehingga keluar tampilan seperti gambar 2. di bawah ini :

add-ons-idm-cc

– setelah tampil seperti gambar 2. di atas, silahkan Anda klik segitiga kecil di samping kanan gambar yang ditunjuk panah hitam, untuk memilih opsi yang ada. Sehingga tampilannya akan menjadi seperti gambar 3 berikut ini.

add-ons-idm-cc

– setelah tampil seperti gambar 3 di atas, silahkan Anda pilih “Install Add-on From File“, kemudian pilih file idmmzcc.xpi yang tadi disimpan di desktop. Sehingga akan tampil seperti gambar 4. di bawah ini, sebagai awal dari proses install add ons IDM CC untuk Firefox 12 dan Firefox 14.

add-ons-idm-cc

– setelah tampil seperti gambar 4. di atas, silahkan Anda klik “Install Now” untuk memulai install add ons IDM CC di Firefox 12 maupun Firefox 14.

– tunggu beberapa saat, sampai proses install add ons IDM CC untuk Firefox 12 selesai, kemudian setelah keluar warning “IDM CC will be installed after you restart Firefox“, silahkan Anda restart Mozilla Firefox 12 dengan meng-klik tombol Restart Now.

– apabila langkah-langkah atau cara memasang Add Ons IDM CC di Firefox 12 tersebut berhasil, maka saat ini add ons IDM CC atau IDM sudah terintegrasi dengan Mozilla Firefox 12.
Untuk membuktikannya, silahkan klik kanan di area website yang sedang Anda buka sehingga akan tampil seperti gambar 5. di bawah ini (arah panah menunjukkan add ons idm cc telah terpasang di Mozilla Firefox 12)..

add-ons-idm-cc-firefox-12

Demikianlah tips atau cara memasang add ons IDM cc di Mozilla Firefox 12. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply