Terbentuknya Tata Surya

0

tata-suryaPenciptaan dan evolusi tata surya diperkirakan telah dimulai sejak 455 sampai 456 miliar tahun lalu dengan runtuhnya gravitasi bagian kecil dari awan molekul raksasa. Sebagian besar massa runtuh dikumpulkan di pusat, membentuk Matahari, meskipun sisanya diratakan menjadi piringan protoplanetary dari mana planet, bulan, asteroid, dan tata surya kecil lainnya berbentuk tubuh

Efek tumbukan raksasa
Ini model teori yang banyak diterima secara luas, yang dikenal sebagai nebular hipotesis, pertama kali dikembangkan di abad ke-18 oleh Emanuel Swedenborg, Immanuel Kant, dan Pierre-Simon Laplace.

Pembangunan yang berhasil terjalin berbagai disiplin ilmu seperti astronomi, fisika, geologi, dan planetary science. Karena perkembangan penemuan di era tahun 1950-an dan penemuan baru extrasolar planet pada 1990-an, hal tersebut dianggap memberikan tantangan baru yang mendorong untuk melakukan penelitian lebih seksama pada penemuan yang terbaru tersebut.
Tata Surya telah berkembang jauh sejak awal pembentukannya. Banyak bulan telah terbentuk dari gas dan debu yang berputar dalam bentuk cakram di sekeliling planet induknya, sedangkan bulan lain diyakini telah terbentuk secara terpisah dan kemudian ditangkap oleh planet mereka. Sedangkan bulan yang lain, seperti halnya Bulan yang menjadi satelit Bumi, mungkin saja berasal dari efek tumbukan yang luar biasa.

Migrasi planet Tata Surya
Teori ini memaparkan tentang proses tumbukan antara batuan yang terjadi secara terus-menerus hingga saat ini dan masih terjadi evolusi tata surya. Posisi planet-planet sering bergeser serta planet telah bertukar tempat, sehingga migrasi planet yang terjadi saat ini sebagian besar dipengaruhi oleh evolusi awal Tata Surya .
Sekitar 5 miliar tahun yang lalu, awalnya suhu matahari menjadi dingin dan memperluas diameter dalam waktu tertentu menjadi ‘raksasa merah’, sebelumnya kulit dari lapisan luarnya memisahkan diri menjadi planet nebula, dan meninggalkan planet mati yang dikenal sebagai si ‘Kerdil putih’. Dan selang pada waktu yang sangat lama, pengaruh gravitasi bintang sedikit demi sedikit akan bergesekan di area planet bentukan Matahari tersebut. Beberapa planet-planet akan dihancurkan, yang lain dikeluarkan ke ruang antar bintang. Akhirnya, lebih dari arah triliunan tahun, adalah mungkin bahwa Matahari akan dibiarkan sendirian tanpa tubuh di orbit sekitar itu.  Wallahu A’lam

Leave A Reply