Tempat Wisata di Kebumen

0
Grosir Baju Murah

KarangsambungHampir di setiap kota terdapat museum, baik itu museum perjuangan maupun museum yang berisi benda peninggalan bersejarah, seni, dan barang kuno. Namun museum yang berisi bebatuan penyusun bumi, di Jawa Tengah hanya ditemui di Kampus Karangsambung. Kampus Karangsambung yang dibangun pada tahun 1964 adalah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Informasi dan Konservasi Kebumian Karangsambung, di bawah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). UPT ini menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan latihan, penyebarluasan informasi kebumian, konservasi, dan pengembangan wilayah bernilai ilmiah.  Dalam rangka penyebarluasan informasi Kebumian, tahun 1995 di Kampus ini dibangun gedung untuk menyimpan alat peraga batuan yang kemudian dikenal sebagai Museum Kebumian. Lebih dari 50 macam batuan dari tiga jenis batuan dasar pembentuk bumi (batuan beku, sedimen, dan metamorf) disimpan di museum ini.

Dalam rangka penyebarluasan informasi Kebumian, tahun 1995 di Kampus ini dibangun gedung untuk menyimpan alat peraga batuan yang kemudian dikenal sebagai Museum Kebumian. Lebih dari 50 macam batuan dari tiga jenis batuan dasar pembentuk bumi (batuan beku, sedimen, dan metamorf) disimpan di museum ini.

Umur bebatuan itu ratusan juta tahun. Itu merupakan contoh batuan penyusun bumi yang diambil dari kawasan geologi Karangsambung di sekitar kampus.

Dari segi geologi, batuan itu sangat unik, aneh, dan menarik. Misalnya, beberapa batuan yang sebenarnya merupakan batuan dasar samudra, di kawasan ini muncul di permukaan. Ada batu rijang yang diambil dari Sungai Muncar di Desa Seboro, Kecamatan Karangsambung. Batu yang berumur sekitar 81 juta tahun ini merupakan batuan dasar samudra yang biasanya ditemukan di kedalaman 4.000 meter di bawah permukaan air laut. Ada juga batu sekis mika dari Sungai Brengkok yang merupakan batuan tertua di Pulau Jawa, berumur sekitar 120 juta tahun.

Munculnya bebatuan itu akibat proses tumbukan (seduksi) Lempeng Indo-Australia dengan Lempeng Asia. Proses tumbukan dua lempeng ini hingga kini masih berlangsung, seperti beberapa waktu lalu menimbulkan gempa dan gelombang tsunami di sekitar kawasan Samudra Indonesia.

Jika belum puas mengenal bumi dari contoh bebatuan penyusunnya di Museum Kebumian, pengunjung dapat keliling ke situs geologi di kawasan geologi Karangsambung. Hanya, untuk ini tidak cukup satu hari dan perlu tenaga ekstra sebab harus naik turun tebing, melintasi sawah, dan menyeberangi sungai. Namun, untuk sampai ke Kampus Karangsambung tidaklah sulit. (Kompas)

Goa Jatijajar
Terletak 21 Km sebelah barat daya Kecamatan Gombong, atau 42 Km sebelah barat daya kota Kebumen. Legenda di dalam goa menggambarkan legenda Raden Kamandaka atau legenda lutung kasarung. Panjang goa adalah 250 meter. Di area Goa Jatijajar ini juga terdapat beberapa goa lainnya, seperti Goa Intan dan Goa Dempok serta tersedia taman dan Pulau Kera. Untuk menuju ke obyek wisata ini telah tersedia sarana dan prasara transportasi, penginapan serta rumah makan yang relatif representatif. Patung Dinosaurus yang seolah memuntahkan air dalam lokasi wisata ini sebenarnya merupakan muara dari mata air dari dalam goa Jatijajar yang tiada pernah berhenti walau musim kemarau sekalipun.

Obyek wisata Goa Jatijajar dilengkapi taman yang asri dilengkapi dengan taman bermain. Taman ini diberi nama Pulau Kera, karena di taman ini terdapat banyak patung kera. Di gerbang mulut Goa Jatijajar, terdapat lobang di antara stalagnit, sehingga bila cahaya matahari masuk terlihat sangat indah. Goa Jatijajar merupakan bukti dari legenda Kamandaka (Lutung Kasarung), dimana kisah ini secara tersirat dikisahkan melalui patung-patung yang ada di dalam Goa Jatijajar. Di dalam goa Jatijajar terdapat sebuah mata air (sendang) yang konon kabarnya akan membuat awet muda bagi yang mencuci muka di sana. Ingin bukti, datang dan cobalah.

Di samping Goa Jatijajar, masih terdapat goa yang lain seperti Goa Dempok ini. Stalagtit yang terdapat di dalam Goa Dempok terbentuk secara alami selama ratusan atau bahkan ribuan tahun yang lalu. Hingga kini masih terjaga keasliannya. Goa Intan berada satu lokasi dengan obyek wisata Goa Jatijajar. Goa ini memiliki keunikan tersendiri dengan langit goa yang relatif tidak terlalu tinggi.

Goa Petruk (Petruk Cave)
Terletak 7 Km selatan Goa Jatijajar. Petruk diturunkan dari nama pengikut setia Pandawa dalam Cerita pewayangan. Goa ini sangat mempesona. Tetesan air kapur terdengar bagaikan kebisingan yang tiada henti. Banyak stalaktit yang menyerupai bentuk kehidupan di dunia, seperti halnya stalaktit seperti anjing duduk ini. Stalaktit ini sangat memukau pengunjung karena menyerupai Tokoh Semar dalam cerita pewayangan. Gorden raksasa akan mengingatkan betapa Maha Kuasanya Tuhan YME dan segala ciptaan-Nya di bumi dan di langit.
Boneka-boneka mungil terdapat di dalam Goa Petruk diantara aliran air dalam gua yang sejuk. Stalaktit ini sangat mirip dengan payudara yang tidak terdapat di tempat lain. Tangan Anda dapat menyentuhnya karena dinding goa yang tidak terlalu tinggi.

Pantai Ayah
 Terletak 9 Km dari Goa Jatijajar. Pantai pasirnya sangat luas dan mempesona. Wisatawan dapat menyewa perahu sambil menatap indahnya perbukitan. Di sini anda dapat menyaksikan matahari tenggelam yang mengagumkan.

Pantai Karangbolong
Nuansa perbukitan yang asri dan lambaian pohon kelapa serasa menyejukkan hati. Pantai Karangbolong menyimpan berbagai keindahan. Disamping pantai yang menawan, Pantai Karangbolong juga menyimpan keindahan karang dengan sarang burung waletnya.

Pantai Petanahan
Terletak 17 Km Barat daya Kota Kebumen. Dengan ombak besarnya, Pantai Petanahan memiliki daya tarik tersendiri. Di lokasi ini juga dilengkapi panggung terbuka bagi acara-acara seni rakyat.

Arung Jeram Padegolan
Lokasinya sepanjang sungai Padegolan yang akan membuat hidup bagai mimpi. Jika anda petualang sejati, cobalah arungi tantangan ini dan raih kemenangan alami

Pantai Pasir
 Pantai Pasir dipercayai sebagai pintu gerbang Nyi Roro Kidul (Pasir Beach) Terletak 24 Km sebelah selatan Kota Gombong atau 7 Km sebelah barat pantai Karangbolong. Dibalik keindahan alam yang memukau, Pantai Pasir diyakini masyarakat setempat sebagai pintu gerbang Istana Nyi Roro Kidul. Adapun pintu gerbang tersebut berupa Batu Karang yang seperti berujud Beruang yang sedang minum air telaga. Disamping wisata alam pantai yang menawan, Pantai Pasir juga merupakan lokasi menarik bagi yang suka berbelanja hasil laut, karena Pantai Pasir juga merupakan tempat pelelangan ikan (TPI) utama Kabupaten Kebumen. Pemandangan di sekeliling Pantai Pasir merupakan perpaduan antara alam laut yang indah, pegunungan yang anggun serta wilayah pertanian dan pertambakan yang subur.

Pantai Tanjung Bata dan Pantai Menganti
Pantai Tanjung Bata dan Pantai Menganti memiliki karang terjal dengan bukit yang keperak-perakan serta pasir putih yang menawan.
Kedua pantai ini merupakan obyek wisata bagi wisatawan yang menyukai tantangan dan sedikit resiko. Lokasinya 7 Km dari Pantai Ayah. Untuk menuju lokasi ini wisatawan harus berjalan kaki sejauh 3 Km dari lokasi parkir kendaraan terdekat. Bentangan datar dekat Pantai Tanjungbata begitu indahnya. Panorama alam pantai yang menawan. Kerasnya ombak Pantai Selatan tidak menggoyahkan tebing karang yang tegar ini. Bentuk karang laut inilah yang membuat Pantai ini disebut Tanjungbata karena bentuknya yang mirip Batu Bata raksasa. Bila anda pernah datang ke Pantai Kuta Bali, maka anda akan merasakan kekaguman yang sama saat melihat Pantai Pasir Putih Menganti ini. Ombak yang tidak terlalu keras membuat obyek wisata ini sangat menarik sebagai lokasi santai sambil bermain di pantai pasir putih yang lembut. Investasi di Pantai ini merupakan tantangan bagi investor yang berminat mengembangkannya.

Pemandian Air Panas Krakal
Pemandian Air Panas Krakal memiliki mata air yang tidak pernah kering walau musim kemarau panjang sekalipun.

Waduk Serbaguna Sempor
Waduk Serbaguna Sempor memiliki pemandangan alam indah, dilengkapi dengan arena bermain anak-anak, tempat parkir, cottage serta panggung terbuka.

Waduk Wadaslintang
Waduk Wadaslintang mempunyai luas sembilan kali Waduk Sempor. Letaknya 34 Km Arah Timur Laut Kota Kebumen.

Benteng Van Der Wijck
Terletak di kota Gombong kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Dibangun pada abad ke XVIII oleh Belanda untuk pertahanan, dan bahkan kadang-kadang untuk menyerang. Nama benteng ini diambil dari VAN DER WIJCK, nama yang terpampang pada pintu sebelah kanan, kemungkinan nama komandan pada saat itu. Mudah dicapai dengan kendaraan pribadi atau transportasi umum 21 km dari Kebumen, atau 100 km dari Candi Borobudur. Benteng ini kadang dihubungkan dengan nama FRANS DAVID COCHIUS (1787 – 1876), seorang Jenderal yang bertugas di daerah barat Bagelen yang namanya diabadikan menjadi Benteng GENERAAL COCHIUS. Selanjutnya Benteng pertahanan ini digunakan untuk sekolah militer.

Data teknis Benteng :
– Luas Benteng atas 3606,625m2.
– Benteng bawah 3606,625 m2.
– Tinggi Benteng 9,67 m, ditambang cerobong 3,33 m.
– Terdapat 16 barak dengan ukuran masing-masing 7,5 x 11,32 m.

Sumber lengkap di http://www.kebumenkab.go.id/

Share.

Leave A Reply