Manfaat Jeruk

0

Manfaat JerukDi balik rasa segar jeruk, tersimpan banyak sekali manfaat. Kandungannya bukan hanya vitamin C tinggi, tetapi juga potasium, folat, kalsium, thiamin, niacin, vitamin B6, fosfor, dan lain sebagainya.
Kelebihan jeruk, mengandung serat tinggi. Walau begitu, tidak mengandung sodium, lemak, dan kolesterol, karenanya aman bagi yang berdiet. Betapa tidak, serat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam plasma dengan cara mengganggu proses reabsorpsi asam empedu.
Vitamin C dalam jeruk berperan menyerap zat besi non-organik (zat besi dari makanan non-hewani), sehingga dapat mencegah dan membantu penyembuhan penyakit. Ia juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel serta penyakit jantung dan kanker.

Manfaat Jeruk :

Untuk memelihara kesehatan dan menjaga kecukupan cadangan vitamin C dalam tubuh, disarankan mengkonsumsi vitamin C sebanyak 10 -100 mg per hari. Ukuran tersebut sudah cukup terpenuhi pada sebuah jeruk berukuran sedang yang mengandung sekitar 70 mg vitamin C. Atau dengan mengonsumsi satu gelas jus jeruk per hari (sekitar 225 ml). Walaupun sarat manfaat, kelebihan vitamin C harus diwaspadai oleh mereka yang beresiko menderita kelebihan zat besi.

Leave A Reply