Google Pagerank Error

0

google-pagerankBenarkah hari ini Google Pagerank Error? Atau memang Google sedang update Pagerank (PR)? Atau karena add-ons SEO Status Pagerank/Alexa di Mozilla Firefox saya yang error? Itulah pertanyaan yang muncul dipikiran saya ketika pada hari Kamis tanggal 6 Oktober 2011 jam 08.30 WIB seperti biasa saya menyalakan komputer untuk memulai aktivitas sebagai blogger (pemula) dan (belajar) menjalankan bisnis online. Halaman website yang pertama kali saya buka adalah website http://memikatcahaya.com, kemudian di tab berikutnya saya buka situs http://yahoo.com dan situs http://google.com. Saya merasa heran dan agak kaget karena indikator add-ons SEO Status Pagerank/Alexa di toolbar Mozilla Firefox yang saya gunakan selalu menunjukkan angka 0 (nol) pada ketiga situs tersebut. Saya kemudian mencoba membuka situs-situs besar yang lain seperti http://youtube.com, htpp://facebook.com, http://twitter.com, http://kaskus.us dan http://id-joomla.com, ternyata indikator add-ons SEO Status Pagerank/Alexa di toolbar Mozilla Firefox tetap saja menunjukkan angka 0 pada tab Pagerank.

Kemudian saya menginstall add-ons SEO yang lain di mozilla firefox dengan maksud untuk melakukan perbandingan, barangkali add-ons SEO Status Pagerank/Alexa yang sedang error, namun sama saja indikator dari add-ons yang baru saya install tetap saja menunjukkan kalau pagerank dari situs-situs besar itu adalah 0. Hal yang kemudian saya lakukan adalah membuka situs http://mypagerank.net untuk melakukan cek pagerank situs satu-persatu terhadap situs-situs besar tersebut di atas. Dan hasilnya adalah sama saja seperti pertama kali saya melihat di indikator SEO Status Pagerank/Alexa pada toolbar mozilla firefox yaitu Pagerank menunjukkan angka 0. Dari hal itulah, maka saya menyimpulkan bahwa hari ini Google Pagerank Error, sepertinya memang page rank google sedang error.

Setelah hampir seharian saya mengira bahwa Google Pagerank Error, pada malam harinya (saat ditulisnya artikel ini) saya mencari informasi lebih jauh tentang Pagerank Google yang error. Masuklah saya pada sebuah website yang mengulas dan mengira-ira bahwa error pagerank Google ini jangan-jangan adalah sebuah kebijakan baru Google untuk menghapus pagerank dari semua situs yang ada. Meskipun belum ada konfirmasi resmi dari Google tentang angka 0 pada semua rank website yang terjadi pada hari ini (Kamis, 06 ktober 2011), tapi kita pernah menyaksikan sendiri bahwa Google kehilangan eksklusivitas pada ranking page-nya yang turun dari pagerank 10 menjadi pagerank 9 beberapa waktu lalu. Kejadian turunnya pagerank Google mungkin saja menjadi alasan Google untuk tidak lagi menampilkan (membunuh / menghapus) pagerank pada semua halaman website. (Google killing pagerank)

Alasan lain yang diungkapkan yang menjadi dasar bahwa Google menghapus pagerank adalah saran tersirat dari Google agar kita untuk tidak terlalu repot memikirkan pagerank, tetapi dianjurkan untuk terus menulis konten asli yang semakin berkualitas. Itulah salah satu alasan Google membunuh/menghapus pagerank dari Tool Webmaster Google. Rumor Google menghapus pagerank itu disampaikan juga oleh komunitas SEO bahwa Google akan membunuh / menghapus pagerank pada semua halaman website. Semoga rumor Google akan membunuh pagerank / Google will kill pagerank (the death of Google pagerank) tersebut tidak menjadi kenyataan. Semoga hanya ada perubahan pada kode API Google atau sistem yang baru untuk melakukan perhitungan pagerank.

Leave A Reply