Gizi Untuk Anak

0

gizi-anak.jpgKecukupan gizi harus selalu terpenuhi dalam menu sehari-hari anak kita. Zat-zat gizi yang harus tersedia adalah:
Karbohidrat :
Merupakan sumber energi yang penting, terdiri atas beras jagung, kentang, tepung beras, havermut. Kebutuhan: jumlah energi yang diperlukan idealnya diperoleh dari karbohidrat sebesar 50-60 persen.
Protein
Merupakan zat gizi utama agar anak tumbuh normal. Terdapat dalam daging, ikan, susu, ayam, keju, hati, telur, tahu, tempe, kacang-kacangan. Kebutuhan : berkurang sesuai pertumbuhan umur. Dianjurkan energi yang diperoleh sebanyak 10-15 persen dari protein.
Lemak
Sebagai zat pembangun. Komposisi asam lemak terbaik mengandung asam amino, omega 3, yang dibutuhkan untuk perkembangan kecerdasan. Kebutuhan: jumlah energi idealnya diperoleh dari lemak sebesar 25-35 persen. 
Vitamin
Vitamin dan mineral esensial penting bagi pertumbuhan dan kesehatan, terdapat pada Vitamin A: susu, telur, ikan, tomat, wortel, labu, bayam. Vitamin B: roti, susu, daging, tempe. Vitamin C: buah-buahan dan sayuran. Vitamin D: susu, telur, minyak ikan. Vitamin E: serelia, minyak tumbuh-tumbuhan.
Mineral
Berguna untuk mempertahankan jaringan serta mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh. Yang harus terpenuhi adalah kalsium dan fosfor, bisa diperoleh dari ASI, daging, ikan, hati, dan susu sapi

Leave A Reply