Software Desain Grafis Gratis

0

graphic-design-softwareSoftware Desain Grafis Gratis. Artikel tentang software desain grafis terbaik dan gratis atau freeware, sehingga software desain grafis ini bisa kita gunakan dengan bebas. Bebas atau gratis dalam mengunduh software desain grafis, bebas dalam penggunaan software desain grafis, dan juga bebas untuk kita sebarluaskan atau di-share kepada orang lain. Secara umum, software desain grafis itu bisa dibagi dalam beberapa kategori, yaitu : desktop publishing software, webdesign software, dan rendering 3 dimensi software. Dari ketiga kategori software desain grafis tersebut ada yang berbayar (premium software) dan software gratis (freeware dan opensource). Contoh software yang termasuk dalam desktop publishing antara lain ; Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe Indesign, Coreldraw, GIMP, Inkscape. Adobe Freehand, dan seterusnya. Contoh software yang termasuk dalam webdesign antara lain ; Adobe Dreamweaver, Microsoft Frontpage, MS Publishing, PHP Maker, Joomla, WordPress, dan sebagainya. Contoh software yang termasuk dalam rendering 3 dimensi antara lain ; 3D StudioMax, Maya, AutoCad, Google SketchUp, Light Wave, dan lain-lain.

Dari bermacam software desain grafis yang ada saat ini, ada beberapa software desain grafis gratis yang powerfull dan tidak kalah kualitas dan fiturnya daripada software desain grafis premium. Beberapa software desain grafis terbaik dan gratis yang perlu untuk diketahui adalah :
1. GIMP
GIMP (GNU Image Manipulation Program). Software desain grafis gratis GIMP ini sudah cukup canggih seperti Adobe Photoshop. GIMP memiliki banyak kemampuan dari melakukan penyesuaian foto yang sederhana sampai yang rumit. Beberapa fitur yang bisa digunakan antara lain: Cloning dan healing tool untuk menghapus bagian-bagian yang kurang bagus bercak-bercak dan jerawat pada wajah. Mengaplikasikan effects (Seperti filter di Photoshop), melakukan kroping, menggabungkan gambar, memperbaiki distorsi gambar, menajamkan foto, dan masih banyak lagi. Bagusnya GIMP bisa digunakan di berbagai platform antara lain Windows, Mac, Linux, dan beberapa yang lain. GIMP juga bisa membuka banyak jenis file, dari JPEG, GIF, PNG dan TIFF. GIMP memiliki banyak plugins dan extension untuk melakukan banyak hal, misal untuk membuat efek editing tertentu seperti proses warna sepia, dan mempercepat proses kerja editing lebih dari satu foto sekaligus.
Alamat download gratis software GIMP ada di sini.

2. Photoscape
Photoscape adalah software pengolah gambar / aplikasi desain grafis yang memungkinkan pengguna untuk mengunakan versi penuhnya secara gratis. Kita bisa melakukan banyak hal yang menyenangkan di sini, misalnya menampilkan foto, menambahkan teks, kroping, menyesuaikan gelap terang, menggambar, menggabungkan beberapa foto menjadi satu, dan sebagainya. Antarmuka Photoscape dan tampilan pembukanya terkesan sederhana dan menarik untuk digunakan. Selain untuk editing foto dasar, Photoscape juga bisa digunakan untuk membuat slideshow, animasi GIF, mengkombinasikan beberapa gambar menjadi satu gambar. Photoscape ini cocok digunakan untuk pemula di bidang editing foto dan desain grafis atau yang ingin membuat slideshow, menambahkan teks, mencetak atau membuat animasi secara mudah dan menyenangkan.
Alamat download gratis software Photoscape ada di sini.

3. Paint.NET
Paint.NET adalah software desain grafis gratis yang merupakan software pengembangan dari Microsoft. Paint.NET memiliki antarmuka yang mirip dengan software-software Microsoft lainnya, seperti MS Paint yang terdapat di sistem operasi Windows. Paint.NET memiliki beberapa tool editing grafis dari yang sederhana sampai rumit. Ada beberapa tool editing yang diikutsertakan untuk menyempurnakan gambar atau membuat efek khusus, seperti untuk mengaburkan foto, menghilangkan efek mata merah, menajamkan foto, menambahkan noise, memperbaiki distorsi, dan sebagainya. Beberapa fitur rumit yang ada di Adobe Photoshop juga ada, diantaranya adalah gradient tool untuk membuat gradasi warna, layer, magic wand untuk menyeleksi bagian dari foto, clone stamp untuk menyalin dan menghapus bagian dari foto. Software ini juga bisa digunakan untuk menggambar, atau menambahkan teks ke foto.
Alamat download gratis software Paint.NET ada di sini.

4. DrawPlus
DrawPlus adalah software desain grafis gratis dan ultimate drawing software yang mengesankan dan mempunyai banyak efek brilian, untuk editing gambar vektor hanya dengan beberapa klik saja. Versi terbaru dari software DrawPlus ini adalah DrawPlus Starter Edition. Beberapa fitur dan keunggulan yang disajikan oleh software desain grafis gratis ini, antara lain ;
– melukis gambar vektor dengan akurat
– tool yang realistis seperti brush, pen, pencil,
– text on a path, tool utuk desain yang kreatif dan luwes
– blend mode untuk memberikan efek artistik yang canggih, kompatibel dengan tablet grafis, sangat cocok untuk merancang desain web dan cetak kreatif
– dan seteruanya
Alamat download gratis software DrawPlus ada di sini.

Demikianlah artikel tentang software desain grafis gratis dan alamat download software desain grafis gratis. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply