Joomla SEO Plugin

0

seo-joomlaSejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO atau Search Engine Optimization juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian di search engine seperti Google, Yahoo dan Bing akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.
SEO atau Search Engine Optimization adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. (wikipedia).

Begitu banyak metode, trik dan cara serta script atau plugins SEO yang digunakan untuk mendukung proses SEO ini, mulai dari metode SEO yang sederhana sampai metode SEO yang rumit dan terperinci, mulai dari yang whitehat SEO sampai yang blackhat SEO.  Metode SEO tersebut dapat diterapkan pada semua jenis website, mulai dari website yang dibangun dengan program html dan css sederhana, php, blog maupun CMS atau portal. Khusus untuk website yang dibangun dengan menggunakan CMS Joomla ada beberapa plugin wajib SEO Joomla atau Joomla SEO Plugin yang minimal harus ada pada website Joomla agar artikel yang kita tulis ada yang dapat masuk atau terindeks di mesin pencari.

Berikut ini Joomla SEO Plugin atau SEO extensions for Joomla yang wajib ada di website Joomla :
1. Joomla SEO/SEF Component.
Adalah komponen Joomla yang berfungsi untuk mengubah dan mengatur link atau url bawaan Joomla menjadi lebih SEF (Search Engine Friendly). Komponen yang sering digunakan adalah sh404SEF dan JoomSEF. Silahkan gunakan salah satu saja dari komponen tersebut di website Joomla Anda. 

2. Sitemap Component
Adalah komponen Joomla yang digunakan untuk membuat sitemap atau peta situs dari artikel-artikel yang ada di website Joomla. Komponen yang sering digunakan silahkan pilih salah satu disini.

3. SEO dan Metadata Component

Adalah komponen Joomla yang digunakan untuk memotong secara otomatis teks dari artikel dan kemudian menerapkannya sebagai tag meta description di header page. Search engine sering menggunakan meta description halaman untuk mengindeks konten website, dan karena itu penting bahwa meta deskripsi ini memiliki teks yang relevan dan terkait dengan konten suatu halaman. Silahkan Anda download komponennya disini.

Itulah beberapa komponen SEO wajib yang harus ada di website Joomla, meskipun ada faktor-faktor lain yang juga berpengaruh terhadap masalah SEO, tetapi dengan ketiga komponen SEO tersebut maka landasan utama yang harus dimiliki oleh setiap website Joomla sudah kita penuhi.

 

Leave A Reply