Manajemen Password dengan PassLook

0

PassLook_SoftwareManajemen Password dengan PassLook Portable software. Password atau PIN (Personal Identification Number) adalah hal atau alat yang berupa gabungan dari karakter (huruf, angka, tanda baca) yang selalu kita temui dan gunakan setiap hari, yang merupakan sandi atau kata kunci elektronik untuk bisa masuk atau mengakses sebuah sistem maupun alat elektronik dan digital. Password selalu kita gunakan setiap hari bahkan setiap saat ketika kita hendak mengakses sebuah sistem atau membuka suatu alat elektronik yang terpassword. Secara umum password bisa dijumpai mulai dari password di ponsel, password untuk mengakses OS di laptop, PIN kartu ATM, PIN untuk Kartu Kredit, password MMC, password email, password login YouTube, password login Facebook, password login Twitter, password login Instagram, password login blogger, password login wordpress, password login cPanel, password login internet banking, dan sebagainya. Semakin kita rajin dan aktif di situs internet maupun menjadi member di forum online, maka semakin banyak akun yang kita miliki, dimana setiap akun selalu disertai dengan password.

Semakin banyak akun dan password yang kita miliki, maka semakin besar kemungkinan kita untuk lupa terhadap tiap-tiap akun dan password tersebut. Dengan banyaknya akun dan password yang kita miliki, maka kita harus semakin banyak untuk menghafal dan mengingat-ingatnya agar tidak lupa. Banyak cara yang biasa kita lakukan untuk mempermudah dalam mengingat user ID dan password yang dimiliki, salah satu cara yang umum dilakukan adalah diawali ketika kita membuat password, yaitu dengan hal-hal yang mudah diingat atau berkesan bagi kita. Cara membuat password yang demikian tentu akan cenderung sama kita terapkan untuk password yang lain, tentu saja cara ini kurang aman, apabila kombinasi yang digunakan untuk membuat password juga monoton. Cara lain yang sering digunakan, dalam mengigat password, adalah dengan mencatatnya di kertas, di ponsel, maupun di file pada komputer. Cara simpan atau manajemen password yang seperti ini, tentu saja sangat riskan apabila kita tidak aman dalam menyimpan catatan password tersebut.

Tips atau cara membuat password yang aman adalah dengan menggunakan kombinasi antara huruf, angka, simbol, maupun huruf besar dan kecil. Cara membuat password yang demikian tentu saja aman, namun susah untuk kita ingat apabila daya ingat kita tidak tajam dan begitu banyak user ID dan password yang kita miliki. Untuk mempermudah dalam mengingat password atau kata sandi maka kita membutuhkan catatan dalam bentuk file. Lalu file yang berisi catatan password ini kita amankan dengan software. Software untuk mengamankan file ini bisa berupa software kompresi seperti Winzip, Winrar, dan 7zip, maupun dengan software PassLook Portable. Cara manajemen password atau mengamankan password dengan software kompresor seperti Winzip adalah dengan menulis daftar user ID dan password kita dalam sebuah file, lalu kita beri nama file itu misalnya master-password.txt. Kemudian file master-password.txt tersebut kita kompres dengan Winzip, dan pada pilihan kompres kita berikan password. Lalu hapus file master-password.txt dari komputer. Dan password pada file master-pasword.zip ini harus kita ingat, karena itu merupakan master password dari password-password lain yang ada di dalam file.

PassLook_Menu

Manajemen password dengan PassLook Portable adalah cara yang digunakan untuk mengatur, menata, dan mengamankan daftar user ID dan password yang kita miliki dengan menggunakan software, sehingga kita tidak akan kebingungan ketika lupa password. PassLook Portable ini dirancang dengan tampilan menarik, cara penggunaan yang simpel tapi cukup powerful dalam memanajemen data user ID dan password Anda. Anda bisa dengan mudah menginput user ID dan password, dengan tambahan fitur subyek / nama situs atau sistem, note, dan alamat link dari situs, kemudian tinggal Anda simpan. Untuk membuka atau mencari user ID dan password yang telah dimasukkan juga sangat mudah, yaitu dengan mengetikkan subyek, atau user ID di menu pencarian. Manajemen password dengan PassLook Portable ini dilengkapi dengan fitur pengaman yaitu password untuk membuka porgram, sehingga Anda harus mengingatnya.

Software PassLook Portable ini bisa digunakan pada sistem operasi Windows dan Mac OS X. Untuk men-download gratis software PassLook Portable ini silahkan buka alamat link ini.
Demikianlah informasi tentang cara aman membuat password, dan cara mengamankan password dengan software PassLook Portable, semoga bermanfaat.

Leave A Reply