Free Data Recovery

0

data recovery.jpgJika Anda kehilangan data pada hardisk atau media  simpan yang lain pada komputer Anda, dan media  simpan/hardware tersebut tidak rusak secara fisik,  maka jangan keburu bingung, stress bahkan panik  karena masih ada kesempatan untuk mendapatkan  kembali data Anda yang hilang itu dengan bantuan software data recovery. Ada banyak software data recovery tools yang tersedia di internet, baik yang  freeware maupun shareware. Berikut ini adalah  beberapa alternatif yang perlu Anda coba.
GParted Live CD
GParted Live CD ini berbasis pada Gentoo-katalis dan menggunakan Xorg, window manager Fluxbox yang  ringan, dan Linux Kernel  terbaru versi 2,6.  Fitur-fitur yang ada dalam program ini adalah  Partisi, Fdisk vi, NTFS-3g, Partimage, TestDisk,  Terminal dan Midnight Commander. GParted ditulis  dengan bahasa C++ dan menggunakan gtkmm untuk  GUI-nya. Dengan maksud untuk menjaga GUI yang  sesederhana mungkin.

Knoppix
KNOPPIX is a bootable CD with a collection of  GNU/Linux software, automatic hardware detection,  and support for many graphics cards, sound cards,  SCSI and USB devices and other peripherals. KNOPPIX  adalah CD bootable untuk GNU / Linux software dengan  fitur deteksi hardware otomatis, kompatibel untuk  banyak kartu grafis/VGA, sound card, SCSI dan USB  devices serta peripherals lain. Ini dapat digunakan  sebagai Linux (demo), CD pendidikan, sistem  penyelamatan, atau diadaptasi dan digunakan sebagai  platform untuk demo produk software komersial. Dalam  penggunaannya kita tidak perlu menginstal apapun  pada hard disk. Karena untuk CD sudah dilengkapi  dengan software pendukung yang lumayan lengkap.

System Information for Windows
System Information for Windows (SIW) adalah sebuah  tool yang mengumpulkan informasi rinci mengenai  properti dan pengaturan sistem dan menampilkannya  dalam cara yang sangat mudah dipahami. Hasil  outputnya dapat berupa file berformat (CSV, HTML,  TXT atau XML), dan bisa dijalankan dalam batch-mode  (untuk Asset Inventory Tracking, Software dan  Hardware Inventory, PC Audit, Software Audit,  Software License Compliance Management). SIW adalah  sebuah tool yang berdiri sendiri yang tidak  memerlukan instalasi (Portable Freeware) pada PC  Anda, ini juga berarti bahwa Anda dapat menjalankan  program ini secara langsung dari USB flashdisk, CD  maupun media simpan lainnya.

The Ultimate Boot CD
Ultimate Boot CD akan sangat membantu jika Anda  ingin menjalankan tool diagnostik dari CDROM drive,  berbagai macam tool diagnostik disk tergabung  menjadi satu CD yang bootable. Hindari membuang  waktu dengan mencari satu persatu koleksi software  tool Anda dari bermacam CD, tapi cukup menjalankan  mereka semua dari satu CD ini.

Undelete Plus
Undelete Plus adalah cara cepat dan efektif untuk  mengembalikan file yang tidak sengaja dihapus,  pengosongan dari Recycle Bin, hapus dari perintah  DOS, hapus dari drive jaringan, maupun hapus dari  Windows Explorer. Tool ini dapat dijalankan pada  sistem operasi Win95/98/Me/NT/2000/XP/2003/Vista.

The Magical Jelly Bean Key Finder
The Magical Jelly Bean Key Finder is a freeware  utility that retrieves your Product Key (cd key)  used to install windows from your registry. The  Magical Jelly Bean Key Finder merupakan tool  freeware yang dapat mengembalikan cd key/serial  number dari sistem windows yang diinstal dari sistem  registri. Dengan opsi untuk menyalin serial ke  clipboard, simpan ke file teks, atau  mencetaknya.Tool ini kompatibel pada Windows 95, 98,  ME, NT4, 2000, XP, Server 2003, Windows Vista,  Office 97, Office XP, dan Office 2003.

Ghost for Linux
Ghost for untuk Linux adalah partisi hard disk dan  alat pencitraan/kloning yang mirip dengan Norton  Ghost. Image yang dibuat dikompresi kemudian  dipindahkan ke server FTP bukan ke kloning lokal.

USB PC Repair Kit
USB PC Repair Kit adalah daftar program. Program  di-load ke Pen Drive USB untuk membantu memperbaiki  komputer Anda. Repair Kit merupakan program yang dapat memberitahu Anda jika Anda benar-benar perlu  me-restart komputer setelah menginstal sebuah  program atau menghapus data secara permanen dari  hardisk Anda yang mungkin masih ada setelah  menggunakan fitur delete pada windows.

TestDisk
TestDisk adalah tool recovery data yang ampuh dan  gratis. Program ini dirancang untuk memulihkan  hilangnya partisi dan membuat non-bootable disk  menjadi bootable lagi akibat dari oleh kesalahan  perangkat lunak, terkena virus atau karena  terhapusnya Partition Table. Pemulihan Partition  table menggunakan TestDisk sangatlah mudah.

FSBackup
FSBackup adalah sebuah shell script yang  mengotomatisasi pelaksanaan backup menggunakan tool  tar pengarsipan. Tool ini dirancang untuk digunakan  oleh para programmer, administrator sistem, atau  power user untuk membuat backup sebuah jaringan  kecil atau personal komputer.

SuperDuper
SuperDuper adalah sebuah program untuk me-recovery  painless, dengan cara membuat cadangan bootable  sepenuhnya. Fitur yang sangat jelas, antarmuka mudah  dimengerti, mudah digunakan, dan SuperDuper built-in  dengan scheduler yang lebih mudah untuk membuat  cadangan secara otomatis. Ini adalah tool yang  sangat diperlukan khususnya jika hardisk Anda mulai  mengeluarkan suara bising/gejala soak. Perlu diingat  bahwa tool ini tidak berfungsi apabila Anda  melakukan update pada sistem Anda.

Corruption Corrector
Corruption Corrector adalah sebuah program yang  dirancang untuk memperbaiki file korup yang biasa  terjadi ketika Anda memiliki banyak salinan dari file yang sama, tetapi semua salinan tersebut korup.  Jika korupnya berada di bagian yang berbeda dari file, masih ada kemungkinan untuk menggabungkan  bytes yang baik dari setiap file dan mendapatkan  salinan dari file tersebut.

Myrescue
Myrescue adalah sebuah program untuk menyelamatkan readable data dari hard disk yang rusak. It is  similar in purpose to dd_rescue, but it tries to quickly get out of damaged areas to first handle the  not yet damaged part of the disk and return later.  Tool ini mirip dengan tool dd_rescue, tetapi  berusaha untuk lebih cepat menangani sektor hardisk  yang rusak terlebih dulu kemudian sektor lainnya.

SystemRescueCd
SystemRescueCd adalah sebuah sistem Linux bootable  CD-ROM untuk memperbaiki sistem dan memulihkan data  Anda yang crash. Ini bertujuan untuk menyediakan  cara mudah untuk melaksanakan task admin di komputer  Anda, seperti membuat dan mengedit partisi dari hard  disk.

Easeus

Apakah sistem, foto, musik dan data keuangan Anda  sudah aman? EASEUS Todo Backup, yang  kompatibel dengan Windows 2000/XP/Vista/Windows 7 dan  Windows Server 2000/2003/2008, adalah tool gratis  untuk backup sistem, partisi recovery, dan disk  kloning. Tool ini dapat membuat cadangan seluruh isi  PC, seperti sistem operasi, data, aplikasi, setting,  dan sebagainya.

Leave A Reply