Fitur Windows 10

0

windows-10-desktopMicrosoft secara resmi telah menginformasikan kemunculan OS Windows terbarunya yaitu Windows 10, dimana pada beberapa waktu sebelumnya santer dibicarakan adalah kemunculan Windows 9 sebagai penerus dari versi Windows 8. Pada Oktober 2014 informasi yang disampaikan oleh Microsoft merupakan perkenalan dari kemunculan Windows 10 dan fitur Windows 10, yang mana produk OS Windows 10 ini akan dipasarkan secara massal ke seluruh dunia pada tahun 2015. Tidak hanya dari segi tampilan desktop Windows 10, fitur Windows 10, performa Windwos 10, aneka menu dan fitur unggulan Windows 10 yang semakin menarik dari versi Windows sebelumnya, tetapi Windows 10 ini dikeluarkan sebagai satu-satunya One Platform OS atau OS Sapu Jagat.

One Platform OS atau OS Sapu Jagat maksudnya adalah bahwa Windows 10 tidak hanya bisa digunakan atau diisntal pada komputer atau laptop saja, tetapi juga bisa dipasang dan digunakan pada tablet PC dan juga smartphone yang spesifikasi hardware-nya mendukung untuk diisi dengan OS Windows 10. Dengan kata lain, jika kita membeli atau memiliki CD Master Windows 10 maka cukup dengan 1 CD Master Windows 10 tersebut, maka kita bisa meng-install-nya sebagai OS di gadget yang spesifikasinya telah mendukung Windows 10, seperti di tablet dan smartphone.

Fitur Windows 10 pada tampilan desktopnya kembali lagi seperti pada Windows 7 yaitu tetap menggunakan Start Menu hanya dipadukan dengan fitur tambahan yang ada di Windows 8 yaitu Start Screen. Selain itu, fitur Windows 10 yang lain seperti semakin banyaknya menu widget atau gadget yang bisa dipilih dan diatur untuk ditampilkan pada desktop di sisi kanan, seperti widget cuaca, calender, store, memories, socialite, dan seterusnya. Fitur Windows 10 yang berikutnya adalah fitur Snap enhancement, adalah fitur Windows 10 yang digunakan untuk membuka empat aplikasi atau software di satu layar dengan layout quadrant. Fitur Windows 10 yang lain, adalah menu taskbar atau new task view button di taskbar yang semakin menarik dan fleksibel untuk berpindah aplikasi. Salah satu fitur Windows 10 yang tidak ada di Windows 8 dan Windows versi sebelumnya, adalah fitur multiple desktop. Fungsi fitur multiple desktop Windows 10 adalah untuk memudahkan dan mengkategorikan aplikasi yang dibuka di satu tampilan desktop, misalnya hanya aplikasi Office, sedangkan aplikasi lain misalnya game, video, dan musik dimasukkan pada kategori multimedia dan diletakkan di desktop yang lainnya, dan seterusnya.

Sedangkan untuk aplikasi baru yang support dengan OS Windows 10, bisa ditemukan atau di download melalui Windows Application Store, yang ke depannya diharapkan aplikasi tersebut bersifat universal yang mendukung penggunaan di berbagai ukuran layar, baik di tablet PC maupun di ponsel yang support Windows 10. Secara resmi Windows 10 akan dipasarkan pada tahun 2015, namun pihak Microsoft sudah memberikan kesempatan bagi user yang ingin mencoba Windows 10 versi demo atau Windows 10 Technical Preview version dengan cara download Windows 10 Preview di alamat link preview.windows.com. Demikian informasi software tentang fitur Windows 10 dan alamat link download Windows 10 Technical Preview, semoga bermanfaat.