Disk Defragmenter Tool

0

defragmentHampir semua pengguna komputer tentu tidak asing lagi dengan istilah disk defragmenter. Disk defragmenter adalah suatu program yang berinduk pada  sistem operasi komputer (OS) yang berguna untuk menata kembali file-file  yang telah diacak-acak secara sengaja maupun tidak sengaja yang diakibatkan karena  perlakuan terhadap file pada komputer, seperti membuka file, mengedit  file, merename file, dan seterusnya. Hal ini membuat sistem yang ada pada komputer akan bekerja atau mengambil ruang secara otomatis dalam penempatan space atau jeda partisi dalam hardisk yang akan berulang setiap menggunakan komputer.

Selain untuk menata file, disk defragmenter ini juga mempunyai fungsi untuk  menjaga kestabilan dan kondisi hardisk karena defragmenter mampu  mengakomodasi dan men-fix-kan boot sector dalam hardisk ataupun error  program. Karena OS yang kita gunakan (dalam hal ini OS Windows) tidak  dapat menata kembali secara otomatis tanpa bantuan defragmenter. Di dalam  OS Windows sudah terdapat tool standar bawaan utnuk mendefrag file-file  dalam hardisk. tetapi sering bila digunakan akan memakan waktu lama dan  malah kadang membuat komputer kita menjadi hang/stag/berhenti prosesnya.

Untuk itu disini akan disampaikan alternatif tool defragmenter yang bisa  kita gunakan dengan lebih cepat dan ada fitur tambahan yang lumayan  bagus. Tool ini bernama Auslogics Disk Defrag adalah tool keluaran dari Auslogics Software yang bersifat freeware dan file masternya hanya  berukuran sekitar 4 mb. Fitur utama yang membedakan tool ini dengan tool  defragmenter bawaan windows adalah adanya System Health yang terdiri dari  fitur Junk Files, Registry dan Security.
Silahkan download disini file tersebut. Kemudian Anda install setelah itu  eksekusi program tersebut dan rasakan bedanya dengan tool defragmenter  standar bawaan dari windows.

Berikut ini adalah screenshoot dari program  Auslogics tersebut.

defragment tool

Leave A Reply