Aplikasi Video Chat untuk Android

0

skype for androidInformasi software tentang Aplikasi Video Chat gratis untuk ponsel atau tablet PC yang berplatform Android. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat dan terus mengalami penyempurnaan dari teknologi sebelumnya, serta mengalami suatu penemuan-penemuan dan rekayasa teknologi yang baru. Sebagai salah satu bentuk dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah teknolgi komunikasi. Teknologi komunikasi membawa perubahan pada proses penyampaian informasi, bentuk informasi yang disampaikan tidak hanya berupa audio, tetapi juga visual. Komunikasi atau wawancara jarak jauh antar individu, atau konferensi video menggunakan telekomunikasi audio dan video untuk membawa orang-orang di berbagai tempat dalam sebuah wadah yaitu konferensi video (video conference atau tele conference). Konsep konferensi video atau video chat sama seperti percakapan antara dua orang (point-to-point) atau melibatkan beberapa tempat (multi-point) dengan lebih dari satu orang di ruangan besar pada tempat berbeda. Selain pengiriman audio dan visual pada kegiatan pertemuan, konferensi video dapat juga digunakan sebagai sarana untuk berbagi dokumen, informasi yang diperlihatkan komputer, maupun dari papan tulis dan slide proyektor.

Pada awalnya, sistem konferensi video atau video chat ini biasanya terdiri dari dua sistem sirkuit televisi tertutup yang terhubung melalui kabel, yang akhirnya pada 1990-an, Internet Protocol atau IP berbasis konferensi video (video conference) menjadi mungkin dan teknologi kompresi video lebih efisien telah dikembangkan sehingga memungkinkan desktop atau komputer pribadi berbasis konferensi video. Pada 1992, CU-SeeMe dikembangkan di Cornell oleh Tim Dorcey et al., IVS dirancang di INRIA, telekonferensi video tiba ke masyarakat dan layanan gratis, web plugin dan perangkat lunak berupa aplikasi video chat, seperti NetMeeting, MSN Messenger, Yahoo Messenger, SightSpeed, Skype dan lain-lain membawa kemurahan, meskipun kualitas video chat-nya masih rendah. (wikipedia.org)

Pada perkembangannya sampai pada tahun ini, maka begitu banyak software atau aplikasi video chat gratis yang bisa kita gunakan. Aneka macam aplikasi video chat gratis yang ada sekarang menyesuiakan dengan platform dari operating system yang ada, seperti aplikasi video chat untuk Android, aplikasi video chat untuk Windows, aplikasi video chat untuk Linux, aplikasi video chat untuk Mac OS, aplikasi video chat untuk iPhone, dan sebagainya. Selain menyesuikan dengan platform yang ada, aplikasi video chat juga menyesuaikan dengan perangkat keras atau gadget yang ada seperti untuk komputer, tablet PC, smartphone, blackberry, dan seterusnya.

Untuk para pengguna smartphone yang menggunakan platform Google Android, tentu saja perangkat Android-nya sudah dilengkapi dengan aplikasi video chat gratis yaitu Google Talk. Google Talk merupakan aplikasi video chat gratis dari Google dengan antarmuka yang memadai, tetapi kualitas videonya yang masih sederhana, serta tidak begitu kaya fitur seperti aplikasi video chat gratis lainnya di bawah ini. Aplikasi video chat gratis di bawah ini dapat diinstal pada sistem operasi yang berbeda, yang memungkinkan pengguna Android untuk melakukan video chatting dengan pengguna iPhone atau pengguna komputer. Berikut inilah beberapa software atau aplikasi Video Chat gratis untuk Android yang bisa Anda coba dan pasang juga di smartphone maupun di laptop.
1. Fring
Fring adalah aplikasi video chat gratis yang memungkinkan kita untuk melakukan chat video sampai 4 grup. Platform yang disupport oleh Fring adalah Android dan smartphone, jadi Fring belum bisa dipasang di perangkat komputer. Untuk mengetahui lebih banyak fitur aplikasi Fring dan Anda bisa men-download gratis aplikasi Fring, silahkan kunjungi situsnya yang beralamat di sini.

2.ooVoo-
ooVoo- adalah aplikasi video chat gratis yang memiliki banyak fitur, seperti telepon gratis di antara sesama pengguna ooVoo-, Aplikasi ooVoo- dapat dijalankan pada beberapa platform software seperti Android, iPhone, Mac dan Windows. Dengan ooVoo pengguna dapat memiliki hingga enam orang berpartisipasi dalam sebuah grup video chat. Hal ini sangat berguna untuk melakukan video chat dalam kondisi tertentu, seperti rapat kecil atau ngobrol dengan beberapa teman. Untuk mengetahui lebih banyak fitur aplikasi ooVoo- dan Anda bisa men-download gratis aplikasi ooVoo-, silahkan kunjungi situsnya yang beralamat di sini.

3.Tango
Tango
adalah aplikasi video chat gratis yang memungkinkan Anda untuk membuat panggilan video gratis dan panggilan telepon gratis pada iPhone, iPod touch, iPad, ponsel Android dan tablet PC, serta memberikan pengalaman berkualitas tinggi melalui koneksi 3G, 4G, dan Wi-Fi. samapi saat ini, Tango memiliki puluhan juta orang yang menggunakan layanan di 190 negara, dan memberikan jutaan menit dari suara dan video call per hari, dimana 80 persen adalah berupa panggilan video. Untuk mengetahui lebih banyak fitur aplikasi Tango danAnda bisa men-download gratis aplikasi Tango, silahkan kunjungi situsnya yang beralamat di sini.

4. Skype
Skype
adalah aplikasi video chat gratis yang paling familiar selama ini seperti halnya Yahoo! Messenger. Skype adalah raja aplikasi video chat, dan telah berhasil secara signifikan selama bertahun-tahun. Aplikasi Skype bisa berjalan pada hampir semua jenis perangkat gadget modern, dan termasuk pada beberapa jenis televisi. Dengan Skype Anda dapat melakukan video call atau panggilan video gratis bahkan secara internasional, mengirim pesan instan (IM) dan berbagi foto atau video secara langsung dan gratis. Skype bisa dijalankan pada perangkat Android versi 2.2 ke atas. Skype untuk Android memungkinkan Anda untuk menggunakan salah satu dari kamera ponsel Anda selama video chatting. Untuk mengetahui lebih banyak fitur aplikasi Skype danAnda bisa men-download gratis aplikasi Tango, silahkan kunjungi situsnya yang beralamat di sini.

5. Yahoo! Messenger
Yahoo! Messenger
(Y!M) adalah aplikasi chat gratis yang telah terkenal dari dulu, karena merupakan aplikasi yang terintegrasi dengan penyedia email gratis Yahoo. Aplikasi chat Y!M ini telah ada selama bertahun-tahun yang lalu, tetapi untuk fitur untuk video chat baru beberapa tahun kemarin. Sehingga video chat dari dalam Yahoo! Messenger masih dalam tahap Beta testing, sehingga kadang ada sedikit problem yang terjadi di saat melakukan video chatting. Untuk mengetahui lebih banyak fitur aplikasi Yahoo! Messenger danAnda bisa men-download gratis aplikasi Yahoo! Messenger, silahkan kunjungi situsnya yang beralamat di sini. 

6. WeChat
Wechat merupakan aplikasi video chat gratis yang saat ini sangat populer untuk pengguna symbian phone, smartphone, windows phone, android phone, blackberry, iphone, dan juga tablet PC. WeChat menghadirkan berbagai fitur baru yang cukup lengkap dimana pengguna dapat menggunakannya untuk berkomunikasi, seperti ; obrolan, momen, pesan video, pesan suara, grup, emoticon, penambahan teman, dan facebook connect. Anda bisa mengunduh gratis aplikasi WeChat untuk Android di link ini.

Demikianlah beberapa aplikasi video chat gratis untuk Android yang perlu Anda ketahui dan bisa Anda download dengan gratis. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply